Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Cek di sini, Jadwal Pentas Kesenian Hari Pertama Kudus Festival

MURIANEWS, Kudus – Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) di daerah Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek) menggelar acara “Kudus Festival” untuk memamerkan budaya dan kuliner khas Kota Kretek di sana.

Acara tersebut, akan berlangsung di Museum Satria Mandala Jakarta mulai Sabtu (21/5/2022) hingga Minggu (22/5/2022).

Sesuai rundown acara, perhelatan akan dimulai pukul 09.00 WIB dan dibuka langsung oleh Bupati Kudus HM Hartopo. Acara tersebut juga dijadwalkan dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Pada hari pertama, akan ada sejumlah kesenian yang tampil. Yang pertama adalah Tari Kretek, kemudian dilanjut dengan kesenian Suluk Tajug Menara dengan lantunan khasnya. Mereka dijadwalkan show pada pukul 09.00 WIB hingga 09.45 WIB.

Baca: Ribuan Warga Kota Kretek di Jabodetabek Bakal Ngumpul di Kudus Festival

Kemudian acara kesenian yang bakal mengisi Kudus Festival pada hari pertama adalah Cerita Budaya dan Tausyiah oleh Gus Mus, KH Jadul Maula, dan Sosiawan Leak. Acara tersebut dijadwalkan mulai pukul 10.10 WIB.

Kesenian yang akan mengisi panggung utama lainnya adalah Tari Batik Pesona dan Tari Mapag Sri.

“Dua tarian ini akan dibawakan oleh Sanggar Ciptoning Asri asli Kudus, mereka adalah satu dari sekian banyak sanggar di Kudus yang kreatif dan kali ini akan menampilkan tariannya di Kudus Festival. Nah satu kesenian lagi adalah kesenian barongan, mereka akan jadi pamungkas di hari pertama,” ucap Ketua Panitia Kudus Festival Himawan Noor Tauriq.

Sementara untuk stan kuliner yang sudah ada di hari pertama, Himawan menyampaikan semua stan makanan sudah buka.

Baca: Kudus Festival di Jakarta Gratis untuk Seribu Pengunjung Pertama

Mulai dari lentog, sate kebo, sego tahu telor, sego pindang, soto Kudus, opor gosong, garang asem, sego jangkrik, dan aneka cemilan seperti getuk nyimut es gempol, leker, kopi muria, sudah akan tersedia.

Soal harga, Himawan mengatakan semua kuliner yang dihadirkan tidak akan jauh-jauh dari harga lokal Kudus. Sehingga walaupun jajan banyak dipastikan tidak akan melubangi kantong.

“Kami juga memboyong puluhan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) asli Kudus, kami bawa dan kami pamerkan di festival ini, silahkan melihat produk-produk unggulan Kudus ini,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...