Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Menag Yaqut Bertandang ke Makkah, Cek kesiapan Fasilitas Calon Jemaah Haji

Menag Yaqut Bertandang ke Makkah, Cek kesiapan Fasilitas Calon Jemaah Haji
Ilustrasi (Dok. MURIANEWS)

MURIANEWS, Jakarta- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bertandang ke Makkah untuk melakukan pengecekan sejumlah fasilitas calon Jemaah haji Indonesia. Mengingat, jadwal pemberangkatan akan dilakukan pada 4 Juni mendatang.

Sejumlah fasilitas yang ditinjau Yaqut di antaranya hotel tempat menginap para jemaah haji Indonesia selama berada di Tanah Suci. Seperti Hotel Al Khulafaa-3 yang berada di daerah Syisyah dengan kapasitas 800 jemaah dan Hotel Tharawat Al-Rawda di daerah Raudhah 1 dengan kapasitas 499 jemaah.

Yaqut juga memastikan lift hotel berfungsi dengan baik, mengingat sudah dua tahun ini tidak ada aktivitas haji di Makkah lantaran pandemic Covid-19. Selain itu, Yaqut juga mengecek fasilitas layanan lain seperti kamar mandi, mesin cuci, hingga ketersediaan air minum di hotel.

Baca: Catat! Calon Jemaah Haji Belum Vaksin Lengkap Tidak Akan Diberangkatkan 

Selain itu, Yaqut juga meninjau layanan transportasi di Terminal Ajyad. Lokasi terminal ini melayani rute Misfalah-Jiyad.

“Saya juga minta penyedia layanan transportasi agar memperhatikan AC kendaraan tetap dingin supaya jemaah tidak kepanasan, mengingat musim haji diperkirakan bersamaan dengan musim panas,” katanya, dikutip dari CNNIndonesia.com, Jumat (20/5/2022).

Kemudian, Yaqut juga meninjau kesiapan layanan katering. Ia mendatangi Dapur Al Jauhara di wilayah Mekah. Dalam kesempatan itu, Yaqut memastikan kapasitas dapur, sanitasi, sarana memasak yang digunakan, serta proses penyimpanan bahan makanan.

Baca: Kemenkes Catat Baru 76 Persen Calon Jemaah Haji yang Sudah Vaksin Lengkap

“Pihak katering juga harus mendistribusikan makanan tepat waktu, tidak terlambat,” kata Yaqut.

Setelah melakukan berbagai pengecekan itu, Menag Yaqut mengaku sudah siap untuk memberangkatkan calon Jemaah haji. Secara fasilitas selama berada di Arab Saudi, semuanya sudah disiapkan dengan baik.

“kami sudah melakukan pengecekan, semuanya sudah siap, tandas yaqut.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Comments
Loading...