Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Harkitnas, Sekda Kudus Ajak Semangat Bangkit dari Pandemi

Sekda Kudus Samani memimpin Upacara Harkitnas di Halaman Pendapa Kudus, Jumat (20/5/2022). (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Samani Intakoris mengajak semua elemen masyarakat di Kota Kretek untuk benar-benar bangkit dari pandemi yang kini mulai semakin membaik dari hari ke hari.

Momen Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 yang jatuh pada 20 Mei 2022 inipun diharapkan jadi momentum kebangkitan tersebut.

“Kondisi pandemi saat ini semakin membaik, maka tidak ada kata lain selain bangkit. Peringatan Harkitnas kali ini akan menjadi titik balik untuk bangkit bersama, sesuai tema yang diusung, ’Ayo Bangkit Bersama’,” kata Samani saat memimpin Upacara Harkitnas di Halaman Pendapa Kudus, Jumat (20/5/2022).

Walau demikian, dia menyampaikan jika Hari Kebangkitan Nasional dengan tema ini jangan hanya dimaknai sebagai seremonial saja.

Baca: Ganjar Dorong Harkitnas jadi Momentum Bangkit dari Pandemi

Samani menambahkan, dalam tema itu memiliki arti semangat bergotong royong untuk melaksanakan pembangunan.  Dengan begitu, percepatan pemulihan bangsa Indonesia dari pandemi Covid- 19 bisa semakin kuat.

“Kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa. Pada sisi penanganan Covid-19 di tingkat nasional, kita telah melihat bahwa upaya kita kian menunjukkan hasil yang positif. Namun kita tetap waspada dan disiplin prokes,” sambungnya.

Penanganan Covid-19 yang membaik juga berimplikasi pada berangsur kembalinya masyarakat secara normal.

“Secara perlahan, hal ini mendorong pemulihan ekonomi nasional. Mari terus kita bekerja keras dan bersinergi menjaga, mempertahankan, dan meningkatkan perekonomian nasional Indonesia,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Harkitnas berawal dari Presiden Soekarno yang menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme pada tanggal 20 mei 1948. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...