Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Wabah PMK Meresahkan Peternak, Pemerintah Diminta gelar Vaksinasi Masal untuk Sapi

Wabah PMK Meresahkan Peternak, Pemerintah Diminta gelar Vaksinasi Masal untuk Sapi
kementan bersama dengan pihak terkait saat meninjau hewan yang terpapar PMK (Dok. Kementan)

MURIANEWS, Jakarta- Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak telah meresahkan para peternak. Sebab, mereka dibayangi dengan rasa takut apabila sapinya mati, kemudian apabila dijual harganya juga merosot.

Menanggapi hal itu, Ketua Fraksi Partai Gerindra DPR RI Ahmad Muzani mengatakan, wabah PMK ini harus segera diselesaikan oleh pemerintah. Mengingat sebentar lagi akan datang Iduladha, sehingga hewan kurban juga harus disiapkan dan terbebas dari PMK.

Dia menyarankan pemerintah menggelar vaksinasi massal terhadap sapi peternak, agar wabah tersebut tidak semakin meluas.

“Penyakit mulut dan kuku ini sudah pernah terjadi di Indonesia dan kita telah berhasil menangani persoalan wabah PMK ini. Mestinya kita sudah paham bagaimana penanganannya, pemeliharannya, termasuk soal vaksin,” kata Muzani, dikutip dari detik.com, Jumat (20/5/2022).

Baca: Imbas PMK, Dua Kecamatan di Surabaya Dilockdown

Sekjen Partai Gerindra ini mengatakan, sebentar lagi masyarakat akan merayakan Iduladha. Dia menyebut penyakit ini membawa kekhawatiran soal konsumsi daging sapi.

“Saya kira penting untuk kita mengetahui itu karena masalah ini akan berpengaruh terhadap harga jual sapi menjelang Iduladha, munculnya kekhawatiran mengkonsumsi daging sapi, serta penurunan ekspor daging dan produk-produk turunannya seperti susu, abon, dan frozen food lainnya karena ada kemungkinan produk kita di-banned negara lain akibat persoalan wabah PMK ini,” kata Wakil Ketua MPR itu.

Baca: Cegah Wabah PMK, Aparat Gabungan Lakukan Penyekatan Lalulintas Hewan di Demak

Menurut Muzani, pemerintah harus segera mencari solusi dari persoalan ini. Momen Iduladha adalah sumber pendapatan utama peternak sapi dan dia berharap wabah ini tidak mengakibatkan pendapatan mereka berkurang atau justru merugi.

Menurutnya, salah satu solusi dalam penanganan wabah PMK adalah pemerintah menyalurkan vaksin kepada para petani di berbagai derah hingga kemungkinan adanya bantuan kepada para peternak sapi.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...