Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jadi Tempat Pembuka, Ini Tema dan Kegiatan Hari Bakti Dokter Indonesia di Pati

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) saat melakukan briefing Hari Bakti Dokter Indonesia 2022. (Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kembali menggelar Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) secara serentak, Jumat (20/5/2022) besok. Kali ini, peringatan tersebut mengambil tema IDI Reborn – Berbakti untuk negeri, mengabdi untuk rakyat.

”IDI Reborn adalah bentuk lahirnya dokter Indonesia dengan wajah baru yang mampu berkomunikasi dengan lebih cerdas, lebih efektif, dan lebih inovatif, tanpa melupakan pondasi dasar dan ideologi sebuah profesi,” kata dr Moh Adib Khumaidi, Ketua Umum PB IDI.

Ia menjelaskan, tahun ini, Jawa Tengah terpilih sebagai tempat pembukaan pelaksanaan HBDI ke-11. Di mana Kecamatan Sukolilo menjadi pembuka serangkaian kegiatan HBDI yang dilakukan di seluruh IDI Wilayah dan IDI Cabang.

”Setiap IDI wilayah dan IDI cabang secara serentak melaksanakan kegiatan terkait HBDI dengan kegiatan promotif dan refentif kesehatan kepada masyarakat, utamanya dengan menggerakkan program peningkatan kewaspadaan dan pencegahan baik itu individu maupun dalam kelompok dan komunitas,” terangnya.

Ketua Panitia HBDI Jawa Tengah dr Cahyono Hadi yang juga merupakan Ketua IDI Cabang Pati menjelaskan, kegiatan HBDI ke-114 yang dilakukan di Pati antara lain dengan Gerakan masyarakat sehat pada daerah pesisir.

Pemilihan daerah pesisir ini lantaran di daerah tersebut banyak yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan sumur, jamban, dan air bersih.

”Dalam HBDI kali ini, kami dari IDI juga akan memfasilitasi penyediaan sumur, jamban. Selain itu ada juga kegiatan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat seperti sunatan masal, donor darah, skrining kesehatan pada anak, ibu hamil dan lansia, serta operasi katarak, dan lain-lain,” ungkapnya.

 

Reporter: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...