Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Wisata Baru di Jepara Ini Dulu Lahan Parkir Lho…

Wisata Baru di Jepara Ini Dulu Lahan Parkir Lho...
Peresmian Pondok Wisata Tegalsambi di Kecamatan Tahunan Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Kabupaten Jepara memiliki tempat wisata baru. Wisata itu berlokasi di Desa Tegalsambi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Namanya Pondok Wisata Desa Tegalsambi.

Lokasi wisata ini berada di sebelah Pantai Tegalsambi, desa setempat. Tempat itu mulanya adalah lahan parkir untuk pengunjung pantai. Oleh BUMDes dan Pokdarwis setempat, lahan itu disulap jadi tempat bersanti keluarga nan nyaman.

Pondok wisata itu diresmikan Bupati Jepara Dian Kristiandi, Rabu (19/5/2022). Saat meresmikan tempat wisata itu, Bupati sangat mendukung usaha pengembangan pariwisata itu.

Baca: KPU Jepara Ajukan Rp 75 Miliar Untuk Pilkada 2024

Menurutnya, Pondok Wisata Desa Tegalsambi dapat menjadi opsi pilihan berwisata di Jepara. Terlebih di lokasi ini juga menawarkan produk ekonomi kreatif dari kearifan lokal.

Andi, sapaan akrab Dian Kristiandi mengatakan, Desa Tegalsambi merupakan salah satu dari 26 desa wisata di Jepara. Desa tersebut telah menjadi juara Lomba Desa 2021 lalu.

Usai menjuarai lomba itu, lanjut Andi, banyak desa yang melirik Desa Tegalsambi. Mereka berharap mendapat inspirasi dari pengelolaan wisata di Desa Tegalsambi.

Bupati pun mendorong semua desa menggali dan mengembangkan potensi sumber daya di wilayahnya masing-masing. Misalkan, memanfaatkan lahan sawah jadi wisata edukasi.

Kemudian, lanjut Andi, bisa juga mengadakan ajang gogo ikan maupun tangkap belut saat masa persiapan tanam.

“Kita sesuaikan dengan potensi yang ada di wilayah masing-masing. Kalau seluruh desa-desa seperti itu, Jepara luar biasa,” kata bupati.

Dengan adanya destinasi wisata baru ini, bupati berharap seluruh warga akan mencintai lingkungannya. Termasuk produk-produk hingga budaya setempat.

Baca: Polisi Pantau Kepatuhan Prokes di Wisata Jepara

Sementara itu, Petinggi Tegalsambi, Agus Santoso mengatakan, pembangunan pondok wisata tersebut memanfaatkan tanah kas desa seluas 1.900 meter persegi.

Pembangunannya dirintis sejak Juni 2021, dan telah menghabiskan anggaran Rp 724 juta dari berbagai sumber. Di samping itu, ada pula bantuan dari Unisnu Jepara berupa lampu penerangan hasil dari inovasi mahasiswa.

Agus menceritakan, Pondok Wisata Desa Tegalsambi dulunya memang lahan parkir. Seiring waktu berjalan, ada masukan warga dan pengunjung agar memanfaatkan lahan itu jadi tempat bersantai.

Akhirnya, BUMDes dan Pokdarwis setempat pun berembuk dan setuju untuk merealisasikan masukan itu. Kini, masukan itu sudah berhasil diwujudkan.

Meski telah diresmikan, Agus mengaku masih perlu sedikit penataan dan penambahan fasilitas pendukung. Rencananya pembukaan perdana dilaksanakan pada awal Juni mendatang.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...