Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mata atau Kulit Menguning, Bisa Jadi Tanda Hepatitis Akut

Ilustrasi. (freepik)

MURIANEWS, Kudus – Penyakit hepatitis akut misterius kini tengah menyebar. Perubahan kulit atau mata menjadi kuning bisa menjadi salah satu tanda dari penyakit misterius ini.

Dokter Spesialis Anak dari RSUD Loekmono Hadi Kudus, Jawa Tengah, dr Arif Faiza, Sp.A mengatakan, perubahan warna kekuningan pada kulit dan mata ini disebut jundice. Atau dalam istilah umum juga dikenal nama penyakit kuning.

Menurutnya, jundice ini terjadi karena adanya gangguan pada hati. Sehingga hati tidak dapat menjalankan fungsi metabolisme dengan baik.

“Penyakit kuning ini diakibatkan adanya penumpukan zat bilirubin di dalam aliran darah,” katanya, Kamis (19/5/2022).

Baca: Ini Fakta Tentang Penyakit Hepatitis yang Penting Diketahui

Menurut dia, penyakit kuning secara kasat mata dapat dilihat dari berubahnya warna pada badan seseorang menjadi kuning. Selain itu di bagian mata seseorang yang awalnya bewarna putih berubah menjadi kuning.

“Ciri-ciri lainnya terlihat pada warna urin yang menjadi gelap seperti warna teh,” ujarnya.

Ia menyebut, gejala kuning ini memang bisa menjadi salah satu tanda hepatitis akut misterius. Meski demikian, tetap harus didiagnosa terlebih dahulu.

“Kalau kuning ditandai dengan mual, diare, sesak napas, dan napsu makan menurun itu mengarahnya ke hepatitis,” ujar dia.

Baca: Hepatitis Akut Bisa Dicek Lewat SGPT dan SGOT, Apa Itu?

Oleh karena itu jika sudah ada gejala tersebut agar segera periksa ke dokter. Hal itu bertujuan agar pasien diperiksa laboratorium.

“Dokter nanti akan mendiagnosa dan menentukan perlu cek laboratorium apa saja. Selain itu nanti dokter yang akan menentukan apakah harus rawat jalan atau rawat inap,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...