Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Arab Izinkan Umrah, Pemohon Paspor di MPP Grobogan Membludak

Arab Izinkan Umrah, Pemohon Paspor di MPP Grobogan Membludak
Petugas Imigrasi Kelas I TPI Semarang melayani pemohon paspor di MPP Grobogan, Rabu (18/5/2022). (MURIANEWS/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Dibukanya pintu ibadah haji dan umrah oleh pemerintah Arab Saudi bagi Indonesia membuat pemohon paspor di Mal Pelayanan Publik (MPP) Grobogan meningkat.

Bahkan, peningkatan jumlah pemohon paspor di sana mencapai 80 persen dibanding bulan sebelumnya. Itu diungkapkan Kepala Sub Seksi Teknologi Informasi Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, Raden Satrio Wibowo.

Satrio mengatakan, peningkatan itu dikarenakan Arab Saudi telah membuka pintu untuk umrah. Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi menutup pintu umrah maupun haji sejak pandemi Covid-19.

Baca: Layanan Imigrasi di MPP Grobogan Bakal Permanen

“Pemerintah Arab Saudi kan sudah mengizinkan untuk umrah dan haji. Jadi, masyarakat yang membuat paspor untuk umrah ini banyak. Kenaikannya sekitar 70 sampai 80 persen. Kemarin dalam sehari ada sembilan pemohon, hari ini ada 29 pemohon,” kata Satrio, Rabu (18/5/2022).

Selama beberapa bulan belakangan, Imigrasi Semarang baru membuka layanan dua hari dalam sebulan di MPP Grobogan. Namun, dalam waktu dekat, layanan akan dilakukan sesuai waktu reguler, yakni Senin-Jumat, atau 28 hari dalam sebulan.

Satrio menambahkan, dibukanya layanan di MPP Grobogan dan sejumlah daerah lain juga untuk mengurangi membludaknya pemohon di kantor pusat Imigrasi Semarang.

Itu juga menjadi bagian dari program inovasi unggulan “Si Semar Paling Paten” yang merupakan kependekan dari Imigrasi Semarang Paspor Keliling Pelayanan Kota dan Kabupaten. Harapannya, pihaknya bisa memberikan pelayanan yang optimal untuk masyarakat.

Suwarti, salah satu pemohon paspor mengaku terbantu dengan pelayanan yang ada di MPP Grobogan. Sebab, dia tak perlu jauh-jauh pergi ke Semarang. Warga Kecamatan Toroh, Grobogan itu mengaku akan pergi umrah dalam waktu dekat.

“Ini bikin paspor untuk umrah. Bersama teman-teman dari biro yang sama. Alhamdulillah, bisa di Purwodadi (Grobogan, red) tanpa harus ke Semarang,” kata dia.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.