Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

727 Jemaah Haji Pati Dapat Bimbingan Manasik, Bupati Ingatkan Ini

727 Jemaah Haji Pati Dapat Bimbingan Manasik, Bupati Ingatkan Ini
Perwakilan jamaah haji Pati dipakaikan kain sorban di Pendapa Kabupaten Pati. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 727 jemaah haji Kabupaten Pati, Jawa Tengah mendapat bimbingan manasik haji di Pendapa Kabupaten, Rabu (18/5/2022). Mereka dijadwalkan berangkat pada 3 Juni 2022.

Dalam sambutannya, Bupati Pati Haryanto mengatakan, bimbingan manasik digelar supaya jemaah haji bisa mendapatkan arahan. Meskipun sebelumnya para jemaah pernah mengikuti manasik semua.

Selebihnya Haryanto mengingatkan ratusan jemaah tersebut untuk menjaga kesehatan. Baik sebelum pemberangkatan ataupun saat melaksanakan ibadah haji.

Baca: Alhamdulillah, 727 Jemaah Haji Pati Bakal Diberangkatkan Tahun Ini

“Yang terpenting kita diberikan sehat. Karena ibadah ini tidak hanya ritualnya saja, tapi juga fisik. Jadi oleh karena itu, butuh fisik yang kuat,” ucap Haryanto dalam sambutannya.

Haryanto menambahkan, mereka yang diberangkatan tahun ini merupakan jemaah tahun 2020. Mereka sempat tertunda pemberangkatannya karena adanya pandemi Covid-19.

“Pada akhirnya yang ditunggu-tungu jemaah dari 7 hingga 11 tahun dapat segera terlaksana. Dari jemaah yang tertunda 2020 sekitar seribu orang.  Jadi harus bersyukur,” jelasnya.

Dirinya mengaku sudah 9 tahun memberangkatkan jemaah haji. Akan tetapi selalu mendapatkan kloter 60 ke atas. Sedangkan tahun ini, jemaah haji di Kabupaten Pati mendapat kloter pertama.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

 

Comments
Loading...