Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mengemudi Mobil Tanpa Alas Kaki Ternyata Berbahaya, Jangan Dibiasakan!

Mengemudi Mobil Tanpa Alas Kaki Ternyata Berbahaya, Jangan Dibiasakan!
Foto: Ilustrasi mengemudi (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus– Saat mengemudi mobil sangat disarankan untuk menggunakan alas kaki alias nyeker. Namun, faktanya ada yang tidak mengenakan alas kaki bahkan mencopotnya saat mengemudi.

Melansir dari Kompas.com, salah satu kebiasaan yang sering dilakukan tapi tanpa sadar membahayakan adalah mengemudi tanpa alas kaki. Marcell Kurniawan, Training Director dari The Real Driving Centre (RDC) berujar, mengemudi wajib menggenakan alas kaki.

Marcell menjelaskan, saat mengemudi, wajib menggunakan sepatu atau sandal yang terikat dengan baik, bukan sandal jepit. Ia beralasan saan mengemudi, kaki memerlukan grip yang baik dengan pedal yang ada.

Baca juga: Ketahui, Ini Durasi Maksimal Mengemudi Mobil dalam Sehari

Mengemudi tanpa alas kaki dapat berakibat tidak adanya grip dengan pedal, bisa terjadi slip yang membahayakan. Selain disarankan menggunakan sepatu atau sandal bertali, tidak disarankan untuk menggunakan sepatu hak tinggi.

”Ketika grip antara kaki dan pedal kurang, nanti slip dan bisa menyebabkan situasi yang berbahaya. Contohnya, seharusnya injak pedal rem, malah terlepas karena kaki yang licin,” kata Marcell.

Alasan lainnya, mengemudi dengan menggunakan sepatu dapat mengurangi risiko cedera saat terjadi kecelakaan. Cedera lebih parah pada kaki dan jari-jarinya saat terjadi kecelakaan ketika tidak mengenakan sepatu.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: kompas.com

Comments
Loading...