Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Perhatian! Jangan Suka Goyang-goyangkan Mobil saat Mengisi BBM, Ini Alasannya

Perhatian Jangan Suka Goyang goyangkan Mobil saat Mengisi BBM Ini Alasannya

Foto: Ilustrasi isi BBM (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus– Ada kebiasaan yang dilakukan sejumlah pemilik atau pengemudi mobil saat mengisi BBM di SPBU. Di mana, mereka ini suka menggoyang-goyangkan mobil saat mengisi bahan bakar.

Tindakan ini dilakukan agar BBM bisa mengisi semua ruang kosong di dalam tangka sehingga cepat penuh. Benarkah demikian?

Melansir dari detik.com, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan, hal tersebut tidak ada gunanya. Justru menggoyangkan mobil saat mengisi BBM di SPBU berbahaya untuk lingkungan sekitar.

Sony berujar, kendaraan yang digoyang ketka mengisi BBM akan membuat bahan bakar yang di dalam muntah ke luar dan ukurannya jadi tak akurat. Jika cipratan bensin ini keluar, akan sangat membahayakan orang lain.

“Banyak alasan para pemilik kendaraan yang menggoyangkan kendaraan ini agar udara yang ada pada tangki ini keluar. Tangki kendaraan sudah ada saluran udara pembuangan. Jadi kita nggak usah repot keluar mobil untuk goyang-goyangin mobil,” jelas Sony.

BBM yang merupakan zat cair tentunya dapat dengan mudah mengisi rongga-rongga kecil di dalam tangki bahan bakar. Dengan demikian, sengaja menggoyangkan mobil agar bensin mengisi seluruh ruang di dalam tangki justru sia-sia, berbahaya dan menguras energi pengemudi.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: detik.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.