Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ketahui Risiko Berkendara Motor saat Cuaca Terik bagi Kesehatan

Ketahui Risiko Berkendara Motor saat Cuaca Terik bagi Kesehatan
Foto: Ilustrasi naik motor di siang hari (astramotor.co.id)

MURIANEWS, Kudus- Kondisi cuaca dalam beberapa hari terakhir mengalami kenaikan temperatur yang cukup tinggi di siang hari. Di mana, cuaca terasa terik tentu saja cukup mengganggu aktivitas, terutama bagi yang berkendara motor.

Melansir dari laman Astra Motor, berkendara motor di saat cuaca ekstrim memang tidak dilarang. Namun, perlu diketahui jika ada banyak risiko yang mengintai para pengendaranya. Untuk itu, pengendara harus melakukan persiapan agar aktivitas menjadi lancar.

Berikut ini risiko berkendara motor di siang hari bagi kesehatan.

Baca juga: Ini Cara Mengatasi Overheat saat Berkendara Motor, Jangan Panik!

1. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi dimana seseorang kekurangan cairan tubuh. Sehingga orang tersebut akan mudah merasa haus, cepat lelah, mudah mengantuk, pusing dan sakit kepala.

Kondisi ini bisa menimpa siapapun, terlebih ketika sedang berkendara di cuaca yang sangat terik dan jalanan yang cukup macet. Alhasil tubuh Anda akan banyak mengeluarkan keringat sehingga cairan tubuh berkurang.

Jika Anda memasuki kondisi seperti ini, maka Anda bisa berteduh terlebih dahulu dan konsumsi minuman untuk untuk meningkatkan kembali cairan dalam tubuh.

2. Jerawat

Berkendara di siang hari yang terik, bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Kotoran dan asap kendaraan yang menempel bisa memicu munculnya jerawat.

Solusi untuk mengindari permasalahan wajah yang satu ini adalah dengan menggunakan facial wash setelah Anda sampai rumah. Kemudian basuhlah dengan air bersih, sehingga wajah Anda akan tetap terjaga kesegarannya.

3. Pegal dan Nyeri Punggung

Beberapa orang pasti pernah mengalami kondisi seperti ini, yaitu sakit dan nyeri punggung setelah berkendara motor. Hal ini umum terjadi di kalangan para pengendara sepeda motor.

Terlebih bagi Anda yang menempuh perjalanan yang cukup jauh, risiko nyeri punggung ini pasti terjadi. Segera beristirahat dan selalu berolahraga dengan teratur untuk menjaga tubuh Anda tetap prima.

4. Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan sebuah kondisi di mana terjadi peradangan pada area konjungtiva (area putih pada bola mata). Hal ini biasa terjadi pada para pengendara motor yang tidak mengenakan helm dengan visor atau kaca pelindung. Akibatnya, mata lebih rawan terinfeksi oleh bakteri, virus, binatang kecil, debu atau benda asing apapun yang berpotensi masuk ke dalam mata.

Solusinya, hindari mengucek mata apabila terasa gatal. Karena hal tersebut tidak akan memperbaiki kondisi namun malah berlaku sebaliknya. Segera gunakan obat tetes mata yang dapat menangani permasalahan tersebut.

5. Heat stroke

Cuaca di siang hari yang terik atau melebihi suhu dari biasanya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.  Bagi orang yang tak terbiasa kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya heat stroke atau sengatan panas. Di mana tubuh Anda bisa mencapai suhu 40 derajat celcius atau bahkan lebih.

Kondisi ini terbilang cukup berbahaya. Terlebih jika tidak segera ditangani oleh pihak medis. Karena dapat menyebabkan berbagai macam gejala seperti mual dan muntah, jantung berdebar, napas cepat, kulit memerah hingga sakit kepala.

Nah, itulah tadi beberapa bahaya berkendara motor di siang hari yang terik bagi kesehatan, jangan lupa untuk menggunakan berbagai perlengkapan berkendara yang aman. Dan tetap jaga kesehatan.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: astramotor.co.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.