Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Dampak Menyimpan Helm di Bagasi Motor yang Perlu Diketahui

Ini Dampak Menyimpan Helm di Bagasi Motor yang Perlu Diketahui
Foto: Menyimpan helm di bagasi motor (autofun.co.id)

MURIANEWS, Kudus- Menaruh banyak barang kini bisa ditempatkan di bagasi motor. Terlebih untuk beberapa jenis motor matik yang memiliki kapasitas bagasi cukup besar.

Salah satu barang yang biasa ditaruh di dalam bagasi adalah helm. Untuk beberapa jenis motor memang ukuran bagasinya cukup besar sehingga memungkinkan menaruh helm di dalamnya.

Menaruh helm dalam bagasi barangkali dirasa cukup aman. Meski demikian, ada dampak yang bisa muncul dengan menaruh helm dalam bagasi ini.

Baca juga: Ini Barang yang Harus Ada di Bagasi Motor, Bisa Bermanfaat dalam Kondisi Tertentu

Melansir dari Federal Oil, Sabtu (14/5/2022), ada kebiasaan yang sering dilakukan pengguna sepeda motor ketika parkir. Yaitu, menyimpan helm di spion atau di dalam bagasi.

Ternyata, cara seperti itu salah karena bisa mengurangi kualitas helm. Jika disimpan di atas spion apalagi tempat parkir tanpa atap otomatis terkena terik sinar matahari. Salah satu bagian, yaitu EPS Shell cepat menyusut.

”Lain halnya dengan kena sinar matahari ketika di atas motor sambil jalan. Karena panasnya berbeda-beda. Lain dengan yang disimpan di atas spion,” ujar Mugiyono, Engineering R&D KYT.

Ia melanjutkan, sama halnya dengan menyimpan di bagasi motor. Cuaca di luar panas, ditambah di dalam tempat penyimpanan barang seperti bagasi motor, sudah pasti panas ditambah dekat dengan mesin.

”Kasusnya sama, yaitu cepat menyusut bagian lapisannya. Jadi disarankan kalau parkir di tempat terbuka dititipkan saja di tempat penitipan helm,” kata dia.

Mengenai masa pakai, menurut dia, masing-masing helm minimal dua tahun. ”Itu kalau sering dipakai dan sering juga kena panas matahari. Karena sudah banyak juga penyusutannya,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: federaloil.co.id

Comments
Loading...