Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

PPDB SMP Grobogan: Sekolah Favorit pun Tak Penuhi Kuota

PPDB SMP Grobogan: Sekolah Favorit pun Tak Penuhi Kuota
Ilustrasi siswa menerima pelajaran di salah satu SMP di Purwodadi. (MURIANEWS/Saiful Anwar).

MURIANEWS, Grobogan – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP di Grobogan selesai Kamis (12/5/2022). Sejumlah sekolah tak penuhi kuota. Bahkan yang berlabel favorit sekalipun.

SMPN 1 Purwodadi misalnya. Sekolah favorit di pusat Kota Purwodadi itu tak memenuhi kuota. Namun, jumlahnya tak signifikan, yakni kurang empat siswa saja.

“Kami membuka sebelas rombel dengan kuota 352 siswa. Hanya kurang empat siswa dari total kuota,” kata Kepala SMPN 1 Purwodadi Purnyomo, Sabtu (14/5/2022).

Baca: PPDB Tutup, Sejumlah Sekolah di Pati Belum Penuhi Kuota

Menurut Purnyomo, salah satu alasan tidak terpenuhinya kuota karena wali murid menduga kuotanya sudah penuh. Mereka pun khawatir anaknya tak mendapat kursi karena label favorit yang melekat di sekolah itu.

Karena ketidakpercayadirian wali murid itulah, mereka akhirnya tidak mendaftarkan anaknya ke SMPN 1 Purwodadi.

“Dugaan kami itu karena orangtua atau wali tidak percaya diri mendaftarkan putra-putrinya. Takut tidak diterima, begitu,” tambahnya.

Tidak terpenuhinya kuota siswa ini mengulang apa yang terjadi tahun lalu. Purnyomo menerangkan, pada tahun lalu pada saat masa pendaftaran online, kuota siswa tak terpenuhi.

Namun kemudian, saat ditambah dengan siswa yang mendaftar offline, kuotanya menjadi terpenuhi. Sayangnya, pada akhirnya ada yang tidak daftar ulang, sehingga kuota pun kembali tidak terpenuhi.

Sementara itu, di SMPN 5 Purwodadi, yang memang dianggap sekolah nonfavorit, jumlah siswa yang mendaftar memang jauh dari kuota yang disediakan. Dari kuota 228, hanya terisi 168 siswa. Atau, tepatnya masih ada kuota 120 siswa yang belum terisi.

Pihak sekolah pun membuka pendaftaran offline hingga Sabtu (14/5/2022) hari ini. Para guru pun sudah menginformasikan kepada masyarakat yang dapat dijangkau bahwa masih kuota sisa.

“Kami buka pendaftaran offline sampai Sabtu (14/5/2022). Tapi kalau tetap tidak terpenuhi ya rezeki dari Allah SWT berarti memang segini, mau bagaimana lagi,” kata Ketua PPDB SMPN 5 Purwodadi, Sundari, Jumat (13/5/2022) kemarin.

Belum diketahui apakah akhirnya kuota dapat terpenuhi. MURIANEWS sudah menghubungi lagi Sundari, ketua panitia PPDB SMPN 5 Purwodadi, namun belum direspon.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...