Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pemda di Jateng Didorong Bentuk Perda Penanggulangan Narkoba

Anggota DPRD Jateng Khabsyin saat menjadi narasumber dalam Sosialisasi Bahaya Narkoba di Balai Desa Ngembal Kulon, Kudus, Sabtu (14/5/2022). (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Anggota DPRD Jawa Tengah M Nur Khabsyin mendorong agar pemerintah daerah (pemda) di Jawa Tengah segera menyusun Perda tentang Penanggulangan Narkoba. Pasalnya, baru delapan kabupaten/kota di Jateng yang saat ini sudah memiliki Perda tentang Penanggulangan Narkoba.

Hal tersebut, diucapkan Khabsyin saat menjadi narasumber dalam Sosialisasi  Bahaya Narkoba bagi Remaja yang diselenggarakan LSM Komando Pejuang Merah Putih (KPMP) di Balai Desa Ngembal Kulon, Kabupaten Kudus, Sabtu (14/5/2022).

“Dari 35 kabupaten/kota di Jateng, baru delapan yang sudah memiliki Perda Penanggulangan Narkoba. Bagi yang sudah memiliki Perda, juga harus disesuaikan dengan regulasi terbaru yakni Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN dan Permendagri 12/2019 tentang Fasilitasi P4GN dan PN,” kata Khabsyin.

Baca: Istri Bandar Narkoba Jepara Saat Bantu Suami Kabur: Saya Spontan Saja

Masing-masing kabupaten/kota, lanjutnya, juga harus segera membentuk Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota (BNNK). Hal ini agar sinergisitas pencegahan penyalahgunaan narkoba semakin terarah dan terjalin dengan baik.

“Setiap kabupaten/kota harus segera memiliki BNNK. Karena BNNK nanti memiliki peran strategis dalam Timdu yang dibentuk pemkab/pemkot,” tandasnya.

Dia pun ikut mendorong keterlibatan aktif masyarakat dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba. Dengan begitu, ruang gerak peredaran narkoba akan semakin sempit.

“Jawa Tengah ini menjadi daerah strategis dalam penyebaran narkoba karena ada di daerah persimpangan, karena inilah butuh sinergi dan kerja sama antar pihak,” terangnya.

Baca: 11 Napi Bandar Narkoba LP Kedungpane Mendadak Dipindah ke Nusakambangan, Ada Apa?

DPRD Jateng sendiri, lanjut dia, juga terus berkomitmen melakukan pemberantasan narkoba di wilayah Jateng. Hal itu dibuktikan dengan telah disahkannya Perda Nomor 1 Tahun 2021 tentang Fasilitasi Pencegahan & Pemberantasan penyalahgunaan & Peredaraan Gelap Narkotika & Prekursor Narkotika.

Ketua LSM KPMP Musbiyanto mengapresiasi upaya DPRD Jateng untuk terus menggandeng elemen masyarakat guna ikut menanggulangi penyalahgunaan narkoba.

Pihaknya berharap, sinergitas antara stakeholder terus ditingkatkan agar penanggulangan penyalahgunaan narkoba bisa berjalan maksimal.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...