Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

PPDB Tutup, Sejumlah Sekolah di Pati Belum Penuhi Kuota

PPDB Tutup, Sejumlah Sekolah di Pati Belum Penuhi Kuota
Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Kabupaten Pati, Fauzin Futiarso. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP negeri di Kabupaten Pati sudah ditutup Rabu (11/5/2022). Namun, beberapa sekolah belum memenuhi kuota.

Menyikapi itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati menunggu laporan dari seluruh sekolah. Itu dilakukan untuk menentukan kebijakan selanjutnya.

“Saat ini kami belum menerima laporan keseluruhan. Namun ada beberapa sekolah yang belum terisi penuh kuotanya, salah satunya SMPN 6 (Pati),” ujar Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Kabupaten Pati, Fauzin Futiarso, Sabtu (14/5/2022).

Baca: Kantor DPRD Pati Mendadak Dijaga 500 Petugas Gabungan, Ada Apa?

Pihaknya bisa melihat pemenuhan kuota di SMP selepas siswa yang dinyatakan lolos melakukan daftar ulang. Maka dari itu, pihaknya menunggu daftar ulang untuk menentukan kebijakan.

“InsyaAllah Rabu atau Kamis sudah tahu SMP mana yang kuotanya terpenuhi mana yang belum terpenuhi. Banyak yang belum mengirim dan karena ini belum daftar ulang,” kata dia.

“Jadi anak yang diterima itu belum tentu dia menjadi muridnya. Disebut jadi murid itu bila sudah daftar ulang. Karena ada yang sudah diterima tapi tidak daftar ulang karena mondok misalnya,” lanjutnya.

Pihaknya mempunyai dua opsi untuk menyikapi kekurangan siswa di sekolah. Opsi pertama mengizinkan sekolah mumbuka pendaftaran PPDB sacara offline dan kedua, tidak memberikan waktu tambahan pendaftaran PPDB.

“Kita belum mengambil kebijakan sekolah yang kekurangan siswa. Apakah akan menerima lagi secara offline atau hanya itu siswa. Kita belum memberikan kebijakan. Karena itu juga tergantung ketersediaan guru,” tandas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...