Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Heroik, Warga Jepara Lawan dan Tangkap Begal Bersamurai

Heroik, Warga Jepara Lawan dan Tangkap Begal Bersamurai
Ilustrasi

MURIANEWS, Jepara – Kisah heroik dilakukan Irul, warga Dukuh Metawar, Desa Ujungwatu, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara. Ia melawan dan menangkap begal bersamurai bersama para tetangganya.

Cerita percobaan pembegalan itu diungkapkan Pramono, tetangga Irul. Dijelaskan, peristiwa itu terjadi semalam, Jumat (13/5/2022) pukul 20.30 WIB.

Saat itu, lanjut Pramono, Irul sedang bersantai di teras rumahnya sambil memainkan ponselnya. Di sampingnya, ada sepeda motor Yamaha Vixion dengan kunci masih tertancap.

Baca: Cegah Stunting di Jepara, 2.739 Ribu Pendamping Keluarga Digerakkan

“Karena dia duduk disamping motor, kuncinya ya, tidak dicabut,” terang Pramono, saat dihubungi MURIANEWS, Sabtu (14/5/2022).

Tak lama kemudian, tiba-tiba ada dua orang laki-laki tak dikenal mengendarai sepeda motor Honda Beat berhenti di depan rumah Irul. Salah satu orang itu turun sambil membawa sebilah samurai menghampiri Irul.

Tanpa basa-basi, orang itu langsung mengayunkan samurai untuk melukai Irul. Beruntung, dengan sigap Irul langsung menangkis serangan itu menggunakan dua tangan.

“Mereka berkelahi. Beruntung kakinya (Irul, red) tidak terkena samurai,” katanya.

Perkelahian pun tak terhindarkan. Irul akhirnya berhasil merampas samurai milik pelaku dan menguasai keadaan.

Mengetahui keadaan berbalik, pelaku langsung melarikan diri. Irul pun mengejarnya sambil berteriak “rampok!”

Pelaku makin lari terbirit-birit hingga terjatuh ke dalam parit depan rumah Irul. Dalam kondisi itu, Irul sempat mencoba melukai pelaku dengan mengayunkan samurai yang berhasil dirampasnya.

“Waktu itu ada tetangga, perempuan yang melihat perkelahian itu. Irul cerita kalau dia sempat memukul dengan samurai. Tapi Irul tidak tahu sabetannya itu kena pelaku atau tidak,” jelas Pramono.

Setelah berhasil keluar dari parit, pelaku langsung lari tunggang langgang ke arah kebun tebu yang berada di dekat perkampungan.

Warga pun tak tinggal diam dan melakukan pencarian pada pelaku tersebut. Hingga akhirnya, warga mengetahui keberadaan pelaku. Ia bersembunyi di perahu milik warga yang sedang terparkir.

Pelaku yang membawa samurai tadi pun diamankan warga untuk diserahkan pada pihak berwajib.

Sementara itu, satu pelaku yang masih berada di atas sepeda motor langsung melarikan diri. Dia tidak ikut melakukan penyerangan kepada Irul.

Namun, satu pelaku itu justru lari meninggalkan motornya begitu saja.

“Dia lari lewat jalan, tidak ke kebun. Tapi, waktu itu warga belum tahu kalau itu perampok,” imbuh Pramono.

Atas kejadian tersebut, ujar Pramono, kedua telapak tangan Irul mengalami luka akibat menangkis ayunan samurai dari pelaku. Beruntung, luka itu tidak terlalu parah. Sehingga, kondisi Irul saat ini masih baik-baik saja.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...