Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bawa Kapal, Ribuan Nelayan Pati Serbu Kantor DPRD

Bawa Kapal, Ribuan Nelayan Pati Serbu Kantor DPRD
Demonstrasi di depan kantor DPRD Kabupaten Pati, Sabtu (14/5/2022). (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Ribuan nelayan mendatangi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Sabtu (14/5/2022). Meraka menggelar demonstrasi secara besar-besaran.

Mereka sampai di gedung Dewan sekitar pukul 09.20 WIB. Dengan menggunakan motor roda dua, mobil pick up dan alat pengeras suara mereka berorasi di depan gedung DPRD Kabupaten Pati.

“Kami menentang kebijakan yang tak berpihak kepada nelayan, kepada pelaku perikanan. Sehingga kapal mengalami kerugian kemunduran sehingga berdampak kepada ABK,” ujar Koordinator Lapangan (Korlap) aksi, Hadi Sutrisno.

Baca: Kantor DPRD Pati Mendadak Dijaga 500 Petugas Gabungan, Ada Apa?

Replika kapal nelayan juga dibawa sebagai simbol karamnya kapal nelayan lantaran kebijakan pemerintah yang dinilai tak berpihak kepada mereka.

“Jangan sampai nelayan sengsara. Kita sudah berjuang ke mana-mana. Tapi belum kunjung berhasil,” lanjut Hadi.

Salah satu tuntutan mereka adalah meminta kepada pemerintah menurunkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) kepada nelayan dari 10 persen menjadi 5 persen.

“PNBP sangat memberatkan. Kami meminta kepada menteri keuangan agar aturan PNBP yang mencekik perikanan dibatalkan. Aturan ini tidak berpihak kepada nelayan,” kata dia.

Mereka pun meminta dukungan Pimpinan DPRD Kabupaten Pati, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kabupaten Pati), Edy Martanto dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah, Fendiawan Tiskiantoro yang hadir menemui para peserta demodemo di depan Gedung DPRD.

Surat pernyataan sebagai simbol dukungan langkah yang dilakukan oleh para paguyuban nelayan Kabupaten Pati pun ditandatangani. Kemudian, surat pernyataan dan tuntutan para nelayan akan disampaikan kepada pemerintah pusat.

“Pada prinsipnya kami mendukung langkah-langkah yang dilakukan paguyuban nelayan,” kata Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin.

Setelah itu, para peserta aksi pun membubarkan diri. Mereka pergi dari lokasi sekitar pukul 10.20 WIB.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...