Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Kampas Rem Motor? Ini Jawabannya

Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Kampas Rem Motor? Ini Jawabannya
Foto: Cek kampas rem motor (federaloil.co.id)

MURIANEWS, Kudus– Rem adalah komponen penting dalam sepeda motor. Tanpa rem maka berkendara motor menjadi sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Oleh sebab itu, pemilik kendaraan bermotor harus sering-sering mengecek rem untuk memastikan kondisinya masih bagus. Jika kondisi rem motor bermasalah tentu segera diperbaiki agar nantinya kenyamanan dan keselamatan anda di perjalanan lebih terjamin.

Melansir dari laman Astra Motor, pada kesempatan kali ini, kita ingin membahas kapan waktu yang tepat untuk ganti kampas rem motor. Kampas rem ini sangat penting, sehingga jika sudah tipis maka segera diganti.

Baca juga: Benarkah Tinggi Orang Dewasa Bisa Bertambah dengan Main Basket dan Latihan Yoga? Ini Penjelasannya

Kondisi kampas rem motor ini harus selalu diperhatikan, agar nantinya tetap berfungsi normal untuk menghentikan laju kendaraan. Maka dari itu, komponen yang ada didalam rem motor ini perlu diganti secara rutin untuk mempertahankan kemampuannya.

Untuk jadwal penggantian kampas rem motor ini sendiri memang tidak bisa ditentukan interval pemakaiannya. Hal ini dikarenakan gaya berkendara maupun jarak tempuh yang dilakukan oleh setiap orang ini berbeda-beda.

Selain itu, untuk kondisi lalulintas yang dilalui oleh setiap orang ini juga berbeda-beda, sehingga banyak faktor yang membuat jadwal pergantian kampas rem motor ini tidak menentu.

Menurut Baim, Mekanik RI Matic Shop, Pondok Kopi, Jakarta Timur, jika untuk penggantian kampas rem motor ini bisa dilakukan dalam kurun waktu dua hingga tiga bulan sekali. Bahkan ada juga beberapa pemilik kendaraan bermotor bisa melakukan pergantian kampas rem ini lebih dari itu.

Namun ada beberapa indikator yang bisa digunakan oleh para pemilik motor guna mengetahui atau mengecek sudah aus atau belum kampas rem dari motor yang anda miliki. Pertandanya sangat mudah, silahkan anda perhatikan dengan teliti pada bagian piringan rem motor tersebut.

Nah jika posisi kampas rem yang menjepit piringan ini masih lebar, maka tandanya kampas rem dari motor anda ini masih bagus kondisinya. Akan tetapi jika posisi Kampas rem ini sudah menghimpit piringan, maka itu tandanya jika kondisi kampas rem motor anda sudah aus dan sudah waktunya diganti.

Selain memantau pada bagian piringan rem ini, anda bisa mendeteksi atau mencari tahu apakah kampas rem motor ini sudah waktunya ganti apa belum melalui suara. Dimana jika pada saat anda sedang melakukan pengereman dan menimbulkan suara yang cukup mengganggu, maka ini bisa jadi pertanda kampas waktunya ganti.

Timbulnya suara ini dihasilkan dari cakram yang beradu dengan kampas yang tinggal menyisakan pelatnya. Gesekan antar pelat ini bisa menghasilkan suara yang cukup mengganggu dan tidak nyaman untuk didengarkan.

Jika kondisi kampas rem motor ini sudah aus, maka solusi satu-satunya adalah mengganti kampas tersebut dengan yang baru. Jelas sangat beresiko jika anda tetap memaksakan berkendara dengan kondisi kampas rem aus untuk berkendara, karena nantinya hal ini bisa membuat pelat kampas rem itu pecah dan membahayakan anda dan orang lain nanti.

Jadi untuk waktu yang tepat untuk penggantian kampas rem motor ini tidak bisa dijadwalkan ya, tinggal anda melakukan insting kira-kira sudah lama tidak ganti kampas rem, silahkan mengecek  kondisinya.

jika masih bisa digunakan maka tidak perlu diganti nanti. Atau jika sudah timbul suara berisik dari rem motor, maka ini juga bisa dijadikan indikator nanti.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: astramotor.co.id

Comments
Loading...