Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sepak Bola SEA Games 2022

Pulangkan Filipina U-23, Timnas Indonesia U-23 Perlebar Peluang ke Semifinal

SEA Games 2022
Marcelino dan Ronaldo Kwateh merayakan gol ke-4 Indonesia atas Filipina. (pssi.org)

MURIANEWS, Hanoi- Timnas Indonesia U-23 semakin memperlebar peluang untuk bisa melanjutkan langkah ke semifinal SEA Games 2022. Asnawi Mangkualam dkk pada pertandingan penyisihan Grup A, Jumat (13/5/2022) berhasil menang atas Filipina.

Dengan kemenangan ini Timnas Indonesia U-23 memperlebar peluang untuk menggapai Semifinal SEA Games 2022, dan sekaligus memulangkan Filipina lebih awal. Kekalahan yang dialami Filipina membuat impian mereka langsung terkubur.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Viet Tri, Timnas Indonesia U-23 berhasil menang telak 4-0. Muhamad Ridwan membuka kemenangan melalui golnya pada menit ke-18. Menerima assist dari Egy Maulana, Ridwan berhasil memenangkan perebutan bola dengan pemain belakang Filipina.

BACA JUGA: Pendukung Vietnam Sebut Timnas Indonesia U-23 Kalah Bagus dari Kamboja U-23

Selanjutnya, Rizky Ridlo memperbesar keunggulan Timnas Indonesia U-23 melalui sundulan tipisnya pada menit ke-44. Gol ini berawal dari tendangan bebas yang diambil oleh Witan Sulaeman di luar kotak pinalti pertahanan Filipina.

Sundulan tipis Ridlo mendahului upaya yang dilakukan oleh penjaga gawang Filipina. Meski hanya tipis, perkenaan bola dengan kepala Ridlo membuat arah bola berubah dan tak bisa dihadang kiper Filipina.

Dua gol Timnas Indonesia U-23 lainnya diciptakan melalui proses yang bagus, oleh Egy Maulana Vikri. Kali ini Muhamad Ridwan giliran memberikan assist bermutu untuk Egy yang muncul dibelakangnya.

Dengan kaki kiri yang terarag, tendangan Egy bersarang telak di gawang Filipina pada menit ke-74. Satu gol lainnya tercipta oleh Marselino melalui tendangan pinalti pada menit ke-84. Pinalti diberikan setelah Ronaldo Kwateh dijatuhkan di kotak pinalti oleh bek Filipina.

Ronaldo yang menerima umpan daerah, berhasil menusuk ke dalam kotak pinalti Filipina. Namun menjelang melepaskan finishing, pemain ini dijatuhkan dan berakhir dengan hukuman pinalti. Marselino menuntaskan eksekusi menjadi gol.

Secara keseluruhan, Timnas Indonesia U-23 menguasai permainan. Namun demikian mereka nampak masih dicekam ‘keragu-raguan’ di awal pertandingan. Namun perlahan-lahan mereka mampu menemukan bentuk permainan yang baik, meski belum sepenuhnya memuaskan.

Dengan kemenangan ini Timnas Indonesia U-23 membuka lebih lebar peluang mereka lolos ke Semi Final. Mereka masih harus menghadapi Myanmar di pertandingan terakhir. Pada pertandingan terakhir, mereka harus bisa kembali meraih kemenangan dari Myanmar.

Sedangkan bagi Filipina, kekalahan ini membuat mereka kehilangan kesempatan berlaga di Semifinal SEA Games 2022. Peluang mereka praktis langsung terkubur, karena mereka sudah tidak memiliki pertandingan lagi, dengan poin 4.

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje

Comments
Loading...