Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Makan Langsung Pakai Tangan ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan, Ini Penjelasannya

Makan Langsung Pakai Tangan ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan, Ini Penjelasannya
Foto: Ilustrasi makan pakai tangan (freepik.com)

MURIANEWS, Kudus– Makan menggunakan tangan sudah tidak asing lagi di Indonesia, karena dianggap lebih praktis dan nikmat. Tidak hanya saat makan camilan saja, tapi makan dengan tangan juga dilakukan saat makan nasi dan lauk kering.

Makan pakai tangan disisi lain ternyata ada manfaatnya bagi kesehatan lho. Hal ini barangkali belum diketahui banyak orang.

Mengutip dari detik.com yang melansir dari Times of India, makan langsung dengan tangan bermanfaat untuk kesehatan. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Suka Makan Ceker Ayam? Ketahui Dampaknya bagi Kesehatan

1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Cara makan yang terlihat sederhana ini ternyata dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Gerakan mengaduk dan memotong makanan dapat membuat sendi jari dan tangan bergerak terus menerus sehingga memicu lancarnya sirkulasi peredaran darah.

Selain itu, ketika ujung jari yang terdapat jutaan saraf akan mengirimkan pesan ke otak bahwa kita akan makan. Kemudian pesan ini diteruskan ke perut, setelahnya akan melepaskan cairan pencernaan dan enzim yang dibutuhkan untuk pencernaan.

2. Makanan Terasa Lebih Nikmat

Seperti yang telah disebutkan di atas, makan langsung dengan tangan dapat membuat makanan terasa lebih nikmat. Ini dikarenakan bumbu, lauk dan lainnya akan teraduk sehingga lebih kaya rasa.

Selain itu, saat makan menggunakan tangan cenderung membuat orang akan mengunyak makanan lebih lama. Hal ini justru membuat makanan lebih lembut saat masuk ke sistem pencernaan. Proses ini baik bagi kesehatan pencernaan karena tak perlu bekerja ekstra saat mengolah makanan.

3. Lebih Fokus Menikmati Makanan

Tradisi makan langsung menggunakan tangan telah lama dilakukan di beberapa nnegara, seperti Indonesia dan India. Cara makan ini dapat membuat orang lebih fokus pada rasa dan tekstur makanan.

Saat tangan menyentuk makanan akan terasa teksur, demikian halnya ketika melahapnya. Makan langsung dengan tangan terbukti membuat orang lebih tenang serta fokus pada makanan.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Rumah bagi beberapa bakteri baik yang dapat memberikan perlindungan dari berbagai penyakit adalah tangan, perut dan usus. Sistem pencernaan akan lebih terlindungi saat makan langsung dengan tangan krena dapat membantu bakteri baik ini masuk ke dalam tubuh.

Tapi dengan catatan, sebelum makan langsung dengan tangan, wajib untuk mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun dan air yang mengalir.

5. Dapat Mencegah Potensi Diabetes

Biasanya orang akan makan dengan cepat jika menggunakan alat makan seperti sendok dan garpu. Hal ini berkaitan dengan ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh.

Melahap makanan dengan cepat dapat menimbulkan diabetes tipe-2. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition, diabetes tipe-2 lebih cenderung menyerang orang dengan kebiasaan makan dengan cepat.

Meski makan menggunakan tangan dapat memperlambat proses makan sehingga dapat mencegah risiko diabetes, tetap perlu memerhatikan jenis dan porsi makanan yang dikonsumsi.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: detik.com

Comments
Loading...