Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Grobogan Bakal Longgarkan Aturan Toko Modern

Grobogan Bakal Longgarkan Aturan Toko Modern
Toko modern Alfamart dan Indomaret di Kecamatan Toroh, Grobogan yang kebetulan bersebelahan. (MURIANEWS/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Pemkab Grobogan bakal melonggarkan aturan pendirian toko modern. Terutama jarak pendirian toko modern di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Di mana, jarak antara toko modern dengan pasar rakyat bakal diperpendek menjadi minimal 400 meter. Jarak itu lebih pendek dari sebelumnya yakni minimal 500 meter.

Aturan baru itu tercantum dalam Raperda Penataan dan Pembinaan Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan yang kini masih digodok di DPRD Grobogan.

Baca: Mencuri Kotak Amal Makam, Pria Grobogan Ditangkap

Dalam Raperda usulan Pemkab Grobogan itu, pengaturan jarak minimal 400 meter antara toko modern dengan pasar rakyat sudah berdasarkan kajian sosial ekonomi.

Meski begitu, untuk toko modern yang saat ini, bahkan berada di kompleks pasar rakyat, masih diperbolehkan beroperasi.

“Yang sudah punya izin diperbolehkan. Yang baru, jaraknya kurang dari 400 meter dan tidak berizin akan ada sanksinya,” tutur Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Grobogan Pradana Setiawan, Jumat (13/5/2022).

Danis, sapaan akrab Pradana Setiawan menambahkan, bagi mereka yang melanggar akan dikenai peringatan pertama, peringatan kedua, dan terakhir penutupan.

Apabila terdapat toko modern berizin baru namun letaknya kurang dari 400 meter, kata Danis, maka hal itu sudah masuk ke ranah pidana.

“Kalau ada izin baru tapi jaraknya kurang 400 meter, yang memberi izin ini yang bertanggung jawab. Ya, Dinas Perizinan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Danis menyatakan, dalam Raperda tersebut belum disebutkan jumlah toko modern maksimal yang diperbolehkan dalam satu kecamatan. Aturan tersebut baru akan disebutkan dalam Perbup yang terbit setelah Raperda ditetapkan.

“Untuk jumlah maksimal toko modern di satu kecamatan. Itu nanti disebutkan di Perbup. Di Perda tidak ada,” katanya.

Untuk diketahui, jumlah total toko modern di Kabupaten Grobogan berdasarkan data Disperindag terdapat 198 unit. Rinciannya, empat supermarket, 37 Alfamart, 25 Indomaret, dan 107 unit milik perorangan.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...