Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Calon Haji Asal Kudus Dinilai Sangat Siap Diberangkatkan

Pelayanan di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus menganggap ratusan calon jemaah haji asal Kudus yang akan berangkat haji tahun ini sudah sangat siap dalam berbagai aspek. Apalagi, para calon jemaah haji tahun ini juga sudah menunggu keberangkatan dua tahun lamanya.

Usia para calon jemaah haji yang diberangkatkan pun berusia paling tinggi 65 tahun per tanggal 30 Juni 2022.

“Para calon jemaah haji malah tahun ini sudah lebih siap untuk berangkat,” Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kudus, Asrul Fatkhi, Jumat (13/5/2022).

Ia menjelaskan, di masa tunggu dua tahun terakhir, calon jemaah haji memanfaatkan waktu penantian keberangkatan dengan belajar mandiri. Baik melalui bimbingan manasik haji online, hingga mencari literasi dari buku bacaan ataupun dari kiai.

“Kesehatan fisik mereka juga sepertinya sudah siap. Dalam masa pandemi ini masyarakat kerap memanfaatkan waktu untuk berolahraga. Jadi ketika nanti ibadah mereka berjalan kaki saat tawaf, sai, ataupun lempar jumrah bisa lebih siap,” jelasnya.

Baca: Calon Jemaah Haji Kudus Diminta Segera Konfirmasi Pelunasan

Calon jemaah haji, sambung dia, juga sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 lengkap. Dalam waktu dekat ini, mereka juga akan mendapatkan vaksin meningitis sebelum berangkat ke Tanah Suci.

“Kami baru koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus untuk vaksin meningitis. Insyallah dimungkinkan akan dilakukan setelah manasik. Kami lakukan latihan manasik di tanggal 23 Mei 2022 nanti,” ungkapnya.

Kemenag Kudus juga sudah melakukan persiapan pemberangkatan seperti pengecekan kesiapan paspor. Rencananya, para calon jemaah haji asal Kudus akan mendapatkan jatah keberangkatan di kloter awal, atau pada awal Juni 2022.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...