Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kudus AkanTerjunkan 135 Atlet Dalam Gelaran POPDA eks Karisidenan Pati

Kontingan Popda Kudus
Sejumlah siswa SMP di Kudus saat bertanding di popda Taekwondo beberapa waktu lalu (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah akan menerjunkan 135 atlet dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat eks Karesidenan Pati yang bakal dihelat pada Juni 2022 mendatang.
Mereka, merupakan atlet-atlet terbaik yang dimiliki Kota Kretek dari hasil saringan POPDA tingkat Kabupaten, beberapa waktu lalu.
Kontingen Kudus di Popda Eks Karisidenan Pati akan turun di 10 cabang olahraga. Diantaranya adalah sepak bola, sepak takraw, voli indoor, voli pasir, bola basket, bola tangan, futsal, pencak silat, taekwondo dan karate.

Selain 135 atlet, Disdikpora Kudus juga menyiapkan 20 orang official untuk mematangkan kesiapan para atlet. Mereka akan mendampingi para atlet berkiprah di event olahraga pelajar tersebut.

“Tentu persiapan terus kami lakukan sampai sekarang, kami perlu meraih hasil maksimal, maka dari itu persiapannya juga harus maksimal,”kata Kabid Olahraga pada Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus, Minan Mochamad, Jumat (13/5/2022).

BACA JUGA: Juara Popda Kudus, Tim Voli SMA NU Al-Ma’ruf Lolos ke Popda Jateng

Minan menyampaikan, pada gelaran kali ini ada sejumlah syarat penentu apakah atlet tersebut bisa bertanding atau tidak. Satu di antaranya adalah batas umur dan kelas. Di mana maksimalnya adalah kelas XII dan maksimal kelahirannya, kelahiran 1 Januari 2005

“Kami tentu akan menjunjung tinggi juklak dan juknisnya nanti, termasuk menaati penerapan protokol kesehatan yang terpampang di aturan itu di mana nanti para atlet akan di swab antigen terlebih dahulu,” pungkasnya.

Kasi Pengembangan dan Pemberdayaan Olahraga (PPOR) pada Disdikpora Kudus Whidoro Heriyanto menambahkan, saat ini Disdikpora sendiri masih terus memonitor persiapan yang tengah dilakukan para atlet.

Walau memang, mereka tidak menjalani Training Center (TC), melainkan latihan bersama pengkabnya masing-masing. Meski demikian, beberapa cabor sudah memiliki kerangka tim. Seperti cabor sepak bola, tim Kudus akan bertumpu pada mantan pemain Persiku junior yang menjadi runner up Piala Suratin zona Jateng beberapa waktu lalu.

“Kerangka tim sudah ada, tapi kami juga tetap melakukan evaluasi untuk memastikan siapa atlet yang akan diterjunkan dalam POPDA eks Karesidenan Pati nanti,”tandasnya.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Budi Erje

Comments
Loading...