Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Alhamdulillah, 727 Jemaah Haji Pati Bakal Diberangkatkan Tahun Ini

Alhamdulillah, 727 Jemaah Haji Pati Bakal Diberangkatkan Tahun Ini
Kasi Haji pada Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Pati Abdul Hamid. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 727 jemaah haji dari Kabupaten Pati bakal diberangkatkan tahun ini. Jumlah ini lebih sedikit dari sebelum adanya Pandemi Covid-19, yakni lebih dari 12 ribu jemaah.

Kasi Haji Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Pati Abdul Hamid mengatakan jamaah yang mendapat kuota ini juga khusus jamaah yang berusia di bawah 65 tahun.

“Untuk jumlahnya kami mendapatkan sebanyak 727 calon jamaah haji. Jumlah itu rencananya diperuntukkan bagi yang sudah masuk kuota dan dengan usia kurang dari 65 tahun,” terangnya, Jumat (13/5/2022).

Baca: Kemenag Rilis Nama-Nama Calon Jemah Haji yang Berangkat Tahun Ini

Meski demikian, pihaknya mensyukuri kuota yang diberikan. Walau sedikit, setidaknya Kabupaten Pati kembali mendapat kuota jamaah haji kembali. Mengingat dua tahun terakhir, Indonesia tidak diperbolehkan memberangkatkan jemaah haji.

Kini, pihaknya sedang melakukan sejumlah kesiapan. Terutama dalam mempersiapkan rencana pemberangkatan para calon jemaah tersebut, seperti melakukan registrasi ulang.

“Saat ini jemaah sedang melakukan registrasi ulang di bank penerima setoran. Jadwalnya yakni dari tanggal 9 hingga 20 Mei mendatang,” tambahnya.

Kemudian manasik haji dikatakannya mulai dilakukan pada 18 Mei mendatang. Disusul dengan bimbingan manasik kelompok di masing-masing kecamatan pada 21 hingga 24 Mei mendatang.

“Untuk konsolidasi kloter akan dilakukan pada 26 dan 27 Mei,” tandas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...