Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ketahui Apa Itu Bumper Mobil dan Fungsinya untuk Keselamatan

Ketahui Apa Itu Bumper Mobil dan Fungsinya untuk Keselamatan
Foto: Ilustrasi bumper mobil (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus– Bumper adalah salah satu bagian dari mobil yang memiliki fungsi penting. Meski demikian, keberadaan bumber mobil ini masih dianggap sepele.

Melansir dari laman Auto2000, Jumat (13/5/2022), bumper adalah salah satu komponen penting dari mobil yang dipasang di bagian depan dan belakang. Posisi bumper memang tidak hanya ada di depan mobil saja tetapi juga ada di belakang. Terkadang ada saja yang berpikir bahwa bumper mobil hanya ada di bagian depan saja.

Keberadaan bumper dinilai sangat penting dalam sistem kerja mobil, khususnya untuk faktor keselamatan. Bumper mobil dibuat dan dipasang di mobil untuk menjadi peredam pada saat terjadi benturan. Bumper yang baik mampu memberikan rasa aman terhadap mobil dan pengendara selama berkendara.

Baca juga: Cari Mobil Toyota untuk Menempuh Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya

Desain bumper sendiri sangat beragam karena dapat dibentuk untuk menjadi sporty hingga elegan. Semuanya tergantung dari desain mobil secara keseluruhan. Bahkan terkadang fungsi utama dari bumper sama sekali tidak diketahui.

Alasannya karena secara visual dapat membuat penampilan keseluruhan mobil menjadi jauh lebih bagus. Mobil terlihat lebih stylish lagi.

Fungsi Bumper Mobil

1. Meredam Benturan

Ketika mobil mengalami tabrakan dari sisi depan atau belakang, maka bumper akan membantu meredam benturan dengan menyerap energi yang timbul. Bumper akan meneruskan energi ke crumple zone sehingga energi dari tabrakan yang sampai ke kabin bisa diminimalisir.

Musibah dapat terjadi kapan saja. Mobil yang menabrak pejalan kaki dapat memberikan bahaya besar bagi pihak yang ditabrak. Bumper mobil yang sudah modern telah dilengkapi bantalan karet sehingga tingkat kekakuannya lebih optimal. Hal ini membuat kasus tabrakan dengan pejalan kaki dapat terhindar dari cedera serius berkat teknologi karet tersebut.

2. Menjaga dari Tabrakan Kecil

Tabrakan kecil tetap mampu memberikan hasil kerusakan besar jika bahan bumper tidak mengandung karet. Untungnya dengan bahan bumper yang sudah terbuat dari karet membuat kerusakan tabrakan kecil dapat jauh lebih minim.

3. Memberikan Dukungan Aerodinamis

Desain mobil yang baik mampu memberikan dukungan aerodinamis lebih optimal. Bumper dalam era modern sudah mampu mendukung sisi aerodinamis mobil. Bagian tepi bumper mobil yang dilipat ke bagian belakang dapat menjaga downforce lebih baik. Keuntungan ini membuat mobil lebih stabil.

4. Rumah Lampu Kabut

Bumper mobil dapat difungsikan untuk memasang lampu kabut. Keberadaan lampu kabut sangat penting karena dapat memberikan pencahayaan lebih baik pada saat kondisi jalan sedang hujan atau berkabut. Anda tetap dapat berkendara dengan aman berkat keberadaan lampu kabut ini.

5. Rumah Sensor Parkir

Perkembangan teknologi dalam industri otomotif membuat Anda dapat merasakan sensor parkir. Fungsi sensor parkir ini untuk memberikan peringatan terkait seberapa jauh posisi mobil dengan kendaraan atau benda di sekitar ketika sedang parkir. Perlu diketahui bahwa sensor parkir ini paling banyak terpasang di bumper belakang mobil.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: auto2000.co.id

Comments
Loading...