Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

INFO SUMUT

598 Hewan Ternak di Sumut Diduga Terpapar PMK

598 Hewan Ternak di Sumut Diduga Terpapar PMK
Ilustrasi (MURIANEWS.com)

MURIANEWS, Deliserdang- Sebanyak 598 ekor ternak di Deliserdang dan Langkat, Sumatera Utara (Sumut) diduga terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Tidak hanya sapi, tetapi ada juga karbau dan domba yang juga terserang penyakit tersebut.

“Kita menyikapi informasi PMK yang menyerang ternak kerbau, sapi, domba kambing dan babi. Ada dua kabupaten di Sumut. Tapi masih diduga. Ciri cirinya yang disampaikan itu nanti kita pelajari, ” kata Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dikutip dari CNNIndonesia.com, Jumat (13/5/2022).

Dia mengatakan, sampel darah ratusan ternak yang diduga terjangkit PMK ini telah dikirim ke laboratorium di Surabaya. Sampel tersebut akan diuji untuk memastikan apakah ratusan ternak tersebut positif terpapar PMK.

Baca: 381 Ekor Sapi di Garut Terjangkit PMK, Pemkab Ajukan Sebagai Wabah

“Sudah dikirim ke Surabaya 500 lebih sampel darah. Tanggal 8 Mei nanti kemungkinan hasilnya akan kita terima dari laboratorium yang ada di Surabaya, ” ucap Edy.

Edy menyebutkan ratusan ternak yang diduga terpapar tidak ada yang mati dan saat ini masih diisolasi. Dia mengimbau agar masyarakat tidak panik. Sebab penyakit ini tidak menular ke manusia dan tidak pula menular ke hewan lainnya.

“Kita dengar bahwa ini belum ada yang mati di Sumut. Tapi tak boleh dianggap enteng. Ini antisipasi. Rata rata sembuh berarti bisa diobati untuk tidak berkembang. Jadi ini tidak menular ke binatang lain dan tidak menular ke manusia, ” jelasnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Comments
Loading...