Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

UMKM Didorong Masuk ke Platform Digital

UMKM Didorong Masuk ke Platform Digital
Wamendag Jerry Sambuaga (Biro Mendag)

MURIANEWS, Jakarta- Plaku Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) didorong untuk masuk dalam platform digital. Mengingat, persaingan dunia usaha saat ini tidak lepas dari dunia figital. Sehingga perlu bagi UMKM untuk menggeletui platform tersebut.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia memaksa pelaku usaha beradaptasi dan mengembangkan diri agar dapat bertahan.

Adaptasi yang dilakukan dapat dimulai dari mengubah model bisnis, hingga memanfaatkan platform digital sebagai sarana penjualan dan memperluas jaringan bisnis.

Baca: Buruan Ambil, Menkop Targetkan Kredit KUR UMKM Hingga Rp 500 Triliun Tahun ini

“Tujuan pengembangan warung digital ini adalah untuk menjawab tantangan tersebut dan mengikuti perkembangan, serta permintaan pasar terhadap produk digital yang semakin meningkat. Kita semua menyadari, bahwa penting untuk para pelaku UMKM masuk ekosistem digital agar bisnisnya menjadi lebih efisien, rantai perdagangan menjadi lebih pendek, serta pasarnya semakin luas,” ujarnya, dikutipdari Kompas.com, Jumat (13/5/2022).

Warung digital juga menjadi bagian dalam upaya mendorong dan mendukung Indonesia menjadi pemain ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Baca: Dinkop UMKM Pati Ajukan Raperda Koperasi, Ini Tujuannya

Menurutnya, sejak 2020-2021, Kementerian Perdagangan telah memberikan bantuan perbaikan warung kepada 245 warung di seluruh Indonesia. Untuk Provinsi Bangka Belitung sendiri telah terfasilitasi sebanyak 27 warung.

Pada 2022, Kementerian Perdagangan akan memberikan bantuan perbaikan warung kepada 100 warung di beberapa wilayah di Indonesia.

“Untuk mendukung pengembangan warung digital, Kementerian Perdagangan akan mendigitalisasi 245 warung yang telah diperbaiki. Sehingga, dapat mudah dijangkau masyarakat secara luas,” imbuh Wamendag Jerry.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...