Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

90 Santri di Pati Diberangkatkan Nyantri ke Lirboyo Kediri

90 Santri di Pati Diberangkatkan Nyantri ke Lirboyo Kediri
Puluhan santri asal Kabupaten Pati diberangkatkan ke Lirboyo, Kediri dari halaman kantor PCNU Kabupaten Pati, Jumat (13/5/2022) pagi. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 90 santri asal Kabupaten Pati, Jawa Tengah diberangkatkan nyantri di Pondok Pesantren Lirboyo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Jumat (13/5/2022).

Mereka diberangkatkan dari halaman kantor PCNU Pati, pagi tadi. Para santri itu diberangkatkan PCNU Kabupaten Pati, RMI NU, dan Himasal Pati secara gratis.

Pelepasan para santri dilakukan secara langsung Ketua PCNU Pati Yusuf Hasyim. Dua bus disiapkan untuk mengantarkan para santri ini ke Kediri.

Baca: PCNU dan Dewan Desak Polisi Segera Tangkap Pemerkosa Disabilitas Pati

Suasana haru pun terlihat mengiringi pelepasan para santri itu. Orang tua santri tampak memberikan salam perpisahan kepada anak anak mereka yang berangkat mondok itu.

Ditemui usai melepas para santri, Ketua PCNU Pati Yusuf Hasyim mengatakan kegiatan ini sebagai wujud pendampingan dan perhatian pihaknya terhadap para santri yang merupakan calon penerus ulama di Kabupaten Pati.

Lebih lanjut, ia menjelaskan acara serupa digelar secara rutin dari tahun ke tahun agar para santri merasa diperhatikan oleh Nahdlatul Ulama.

“Setiap tahun kami laksanakan. Kami berharap para santri khitmah di pondok pesantren, serius dalam mengaji mendalami ilmu keagamaan. Sehingga kami berharap benar-benar menjadi kader-kader ulama yang menggantikan kami-kami di PCNU Pati,” kata Yusuf Hasyim.

Sementara itu, Wakil Ketua RMI NU Pati Ja’far Shodiq yang juga ikut melepas para santri mengungkapkan, fasilitasi pemberangkatan santri ini merupakan kewajiban RMI NU sebagai rabitah maarif islamiyyah dari PCNU Pati.

“Sehingga adik-adik ini merasa diperhatikan. Kita fasilitasi memang pondok pesantren yang besar seperti Lirboyo, Kediri dan Jombang. Pondok kecil kami perhatian tetapi tidak sebesar pondok yang besar,” tandas Ja’far Shodiq.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...