Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Google Permudah Penghapusan Data Pribadi di Google Search

Google Permudah Penghapusan Data Pribadi di Google Search
Foto: Ilustrasi (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus– Saat memanfaatkan internet, jejak pribadi sering kali tertinggal dan tidak mudah untuk menghapusnya. Namun pada update terbaru Google dapat mempermudah penghapusan data pribadi yang didapat melalui pencarian Google atau Google search.

Melansir dari detik.com melalui laman IFL Science, Google menjelaskan mekanisme penghapusan data pribadi. Pengguna saat ini bisa meminta penghapusan nomor telepon, alamat email, serta alamat rumah fisik agar tidak muncul di hasil pencarian.

Global Policy Lead for Search Google, Michelle Chang menjelaskan, privasi dan keamanan online berjalan beriringan. Saat seseorang berselancar di internet, kendali diri atas informasi sensitif dan terkait identitas pribadi, sangatlah penting.

Baca juga: Instagram Bakal Uji Coba Fitur NFT Pekan Ini pada Pengguna Terpilih

Lebih lanjut Chang turut menjelaskan, tujuan utama dari Penelusuran adalah akses terbuka, tapi di sisi lain juga memberdayakan pengguna dengan alat yang mereka butuhkan. Hal ini berguna untuk melindungi data pribadi yang sensitif.

“Itulah sebabnya kami memperbarui kebijakan kami untuk membantu orang-orang lebih mengontrol kehadiran online mereka di Penelusuran,” imbuh Chang.

Agar informasi pribadi tidak muncul di pencarian Google, pengguna dapat mengajukan permintaan penghapusan. Setelah mengajukan, permintaan akan ditinjau oleh penyidik untuk menilai informasi tersebut untuk kepentingan publik atau tidak.

Selanjutnya Google akan mengirimkan email pengajuan tersebut ditolak atau diterima. Apabila pengajuan ditolak, pengguna dapat mengirim permintaan dengan materi tambahan.

Perubahan kebijakan ini, salah satu tujuan utamanya adalah untuk melindungi orang-orang dari doxxing. Doxxing merupakan kejahatan cyber dengan mengungkap informasi pribadi seseorang secara online, seperti nama asli mereka, alamat rumah, tempat kerja, nomor telepon, dan lainnya.

Namun sebagai catatan, permintaan penghapusan data diri tidak dapat menghapus seluruh data diri dari internet. Yang artinya data itu hanya tidak akan muncul di pencarian Google.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: detik.com

Comments
Loading...