Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Buruan Ambil, Menkop Targetkan Kredit KUR UMKM Hingga Rp 500 Triliun Tahun ini

Buruan Ambil, Menkop Targetkan Kredit KUR UMKM Hingga Rp 500 Triliun Tahun ini
Ilustrasi pinjaman uang. (CNN Indonesia/Hesti Rika Pratiwi)

MURIANEWS, Jakarta- Upaya untuk terus menggenjot pertumbuhan ekonomi di sektor Usaha, Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) terus dilakukan. Bahkan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menargetkan perbankan menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke UMKM sebesar Rp500 triliun tahun ini.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menargetkan adanya kenaikan target KUR untuk UMKM sebesar 30 persen dari total kredit 2024. Sehingga dalam hal Menkop UKM merespon dengan baik upaya Presiden tersebut.

“Presiden sudah menetapkan 30 persen kredit perbankan untuk UMKM. Maka KUR akan terus dinaikkan,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (12/5/2022).

Baca: Dinkop UMKM Pati Ajukan Raperda Koperasi, Ini Tujuannya

Teten mengatakan, KUR yang sudah disalurkan oleh pihak perbankan baru sekitar Rp373 triliun. Angka tersebut naik 96 persen dari KUR yang disalurkan untuk UMKM pada 2021, yakni Rp190 triliun.

“Itu akan terus ditambah sampai nanti porsi kredit perbankan itu 30 persen untuk UMKM. Kami ingin meningkatkan sampai sekitar Rp400 triliun tapi presiden minta Rp500 triliun tahun ini. Mudah-mudahan tercapai,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate mengatakan pemerintah memberikan keringanan bagi UMKM penerima KUR berupa penundaan angsuran pokok, relaksasi perpanjangan waktu jatuh tempo, dan penambahan limit plafon bagi penerima KUR terdampak pandemi.

Baca: Transaksi Pasar Digital BUMN ke UMKM Tembus 20 Triliun

“Langkah ini diambil untuk memberi kemudahan dan lompatan besar bagi UMKM untuk memperkuat permodalan mereka. Berbagai relaksasi juga diberikan untuk memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM untuk tetap menjaga usahanya di tengah pandemi,” ucap Johnny.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndoonesia.com

Comments
Loading...