Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

PMK Mewabah, Polisi Kudus Blusukan di Kandang Ternak

PMK Mewabah, Polisi Kudus Blusukan di Kandang Ternak
Pemantauan oleh Polsek Dawe ke salah satu peternakan sapi di Kecamatan Dawe (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak mendapat perhatian polisi. Polres Kudus pun meminta jajaran di Polsek turut memantau peternakan di masing-masing wilayahnya.

Sejumlah anggota polsek pun mulai bergerak ke sejumlah peternakan sapi. Salah satunya Polsek Dawe yang telah melakukan langkah pemantauan ke sejumlah warga yang memiliki hewan ternak.

“Tujuan kami untuk antisipasi dini adanya kasus penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak sapi,” kata Kapolsek Dawe AKP Hadi Nurcahyo, Kamis (12/5/2022).

Baca: Cegah PMK Sapi, Dispertan Kudus Awasi Lalu Lintas Ternak dari Jatim

Menurutnya, dari hasil pemantauan di wilayahnya, tidak ditemukan kasus penyakit mulut dan kuku. Hewan ternak seperti sapi, kerbau ataupun kambing yang dipeternakan warga berkondisi sehat.

“Adanya potensi penyakit tersebut kami akan terus melakukan pemantauan. Selain itu, berkoordinasi dengan pemilik peternakan sapi maupun dinas terkait,” terangnya.

Baca: Kudus Teliti Penyebaran PMK Sapi, Begini Hasilnya

Pihaknya mengimbau kepada warga yang memiliki hewan ternak untuk tetap waspada pada potensi penyakit tersebut yang bisa menyerang.

“Kami imbau peternak sapi untuk waspada akan penyakit mulut dan kuku. Apabila ditemukan kasus tersebut agar segera melapor,” imbuhnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...