Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sukoharjo Catatatkan 11 Kasus Kecelakaan Selama Lebaran, 16 Orang Luka

Ilustrasi

MURIANEWS, Sukoharjo — Polres Sukoharjo mencatat setidaknya ada 11 kasus kecelakaan yang terjadi selama Operasi Ketupat Candi yang digelar selama mudik-balik Lebaran, mulai 28 April-9 Mei. Tak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut, namun 16 orang mengalami luka.

Baca: Empat Bus Rombongan Wisata SMPN 1 Malang Kecelakaan di Tol Karanganyar, 1 Meninggal

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengaku telah melakukan analisa dan evaluasi terkait pelaksanaan operasi Ketupat Candi 2022.

”Angka kecelakaan lalu lintas dievaluasi mendalam. Tahun ini, ada 11 kasus kecelakaan dengan korban luka ringan sebanyak 16 orang,” katanya seperti dikutip Solopos.com, Kamis (12/5/2022).

Jumlah ini, lanjutnya, lebih kecil dibandingkan tahun 2021. Di mana di tahun tersebut kecelakaan lalu lintas di Sukoharjo mencapai 13 kasus.

Kapolres pun mengakui, penurunan tersebut berdasarkan peran semua anggota. Apalagi, semua aparat kepolisian berupaya menekan angka kecelakaan lalu lintas selama masa mudik dan balik Lebaran.

”Selain itu, mereka turun ke lapangan jika terjadi penumpukan kendaraan bermotor yang berpotensi menimbulkan kemacetan,” ungkapnya.

Baca: Viral Diminta Bayar Rp 24 Juta buat Tebus BB Kecelakaan, Kapolres Grobogan: Sopir Elf Salah Tafsir Baca UU

Disinggung jumlah kendaraan saat arus mudik Lebaran, Kapolres menjelaskan puncak arus mudik terjadi pada dua hari menjelang Lebaran atau H-2.

Volume kendaraan bermotor di Bundaran Kartasura sebanyak 74.000 unit atau meningkat 119 persen dibanding hari biasa. Rata-rata jumlah kendaraan bermotor sekitar 33.000 unit pada hari biasa.

Arus balik Lebaran terjadi pada lima hari setelah Lebaran atau H+7 seiring berakhirnya masa libur dan cuti bersama aparatur sipil negara (ASN) dan pekerja kantoran.

”Jumlah kendaraan bermotor yang keluar dari Sukoharjo di Bundaran Kartasura sebanyak 49.000 unit. Angka ini terbanyak dibanding hari-hari sebelumnya,” ungkap dia.

Baca: Kecelakaan di Masaran Sragen, Bapak dan Anak Meninggal Tertabrak Truk

Dalam kesempatan itu, Kapolres mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2022. Polri bakal terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan terbaik terhadap masyarakat.

Operasi Ketupat Candi 2022 digelar di seluruh wilayah Polda Jawa Tengah selama 12 hari. Ada tiga pos pengamanan (Pospam) Lebaran yang didirikan Polres Sukoharjo, yakni sekitar bekas Terminal Kartasura, Bundaran Pandawa Solo Baru, dan simpang lima atau Proliman Sukoharjo.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

 

Comments
Loading...