Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mengenal Campervan, Tren Liburan Baru Bersama Keluarga

Mengenal Campervan, Tren Liburan Baru Bersama Keluarga
Foto: Ilustrasi campervan (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus– Liburan sambil menginap di hotel atau homestay sudah lazim dilakukan banyak orang. Namun, kalau wisata tetapi menginapnya di dalam mobil atau campervan, barangkali belum begitu familiar.

Campervan saat ini mulai jadi tren liburan baru yang menarik untuk dicoba. Melansir dari laman Kemenparekraf, campervan merupakan kegiatan berlibur mengunjungi berbagai tempat wisata di Indonesia menggunakan mobil.

Bisa dibilang, campervan adalah solusi menarik bagi yang suka road trip bersama keluarga dengan nyaman dan praktis. Uniknya, ketika liburan dengan menggunakan campervan, maka tidak perlu menyewa kamar hotel.

Baca juga: Ini Desa Wisata Unggulan di Jambi yang Cocok Buat Liburan Bersama Keluarga

Sebab, campervan sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar terasa nyaman untuk beristirahat layaknya di rumah. Umumnya, beberapa mobil campervan dilengkapi dengan tempat tidur, dapur mini, ruang penyimpanan, hingga sarana hiburan.

Meskipun masih tergolong baru, namun tren liburan dengan campervan sebenarnya sudah banyak dilirik masyarakat di Indonesia. Hal ini terlihat dari tingginya antusiasme masyarakat yang mengikuti “Jambore 1st Campervan Indonesia” di Bali, yang telah berlangsung pada 15-17 Maret 2022 lalu.

Kelebihan Liburan dengan Campervan

Saat ini mungkin banyak yang masih merasa ragu melakukan road trip dengan campervan. Jangan khawatir, pasalnya campervan menjadi alternatif berlibur yang aman dilakukan saat pandemi karena meminimalkan kontak dengan orang asing.

Selain lebih aman, berlibur dengan campervan juga lebih seru, dibandingkan menggunakan transportasi umum. Hal ini disebabkan karena Anda bisa mampir di beberapa tempat menarik atau hidden gem yang tanpa sengaja ditemui selama melakukan road trip.

Disulapnya mobil campervan layaknya rumah yang nyaman juga membuat kegiatan berlibur menjadi lebih praktis. Anda tidak perlu repot mampir membeli makanan atau sibuk packing dan unpacking bawaan, karena semua kebutuhan sudah tersedia di dalam campervan.

Lantas, bagaimana kalau selama perjalanan kita merasa lelah dan butuh tidur? Tidak perlu khawatir, karena biasanya para wisatawan yang berlibur menggunakan campervan akan mencari tempat terbuka yang nyaman untuk camping dan beristirahat.

Tentu akan jadi pengalaman yang tak terlupakan, sebab tidak menutup kemungkinan bertemu dengan wisatawan lainnya yang sama-sama menggunakan campervan untuk berlibur. Dengan begitu, kegiatan berlibur juga bisa menjadi momen menyenangkan untuk menjalin relasi dengan orang baru.

Persiapan Sebelum Liburan dengan Campervan

Meskipun terlihat praktis dan menyenangkan, namun ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memutuskan liburan menggunakan campervan bersama keluarga. Tujuannya agar perjalanan dan kegiatan berlibur berjalan lancar, nyaman, dan juga aman.

Persiapan pertama yang harus dilakukan sebelum liburan dengan campervan adalah mencari informasi campervan sebanyak-banyaknya. Daripada membeli mobil baru, Anda bisa menyewa mobil atau menggunakan jasa tour and travel yang menawarkan paket campervan.

Tidak kalah penting, pastikan telah menentukan destinasi berlibur. Buat list daerah dan kota mana saja yang akan dituju selama road trip menggunakan campervan.

Setelah mendapatkan kendaraan dan menentukan destinasi berlibur, jangan lupa mengenali medan serta cuaca dari destinasi yang dituju. Pertimbangkan juga berapa lama perjalanan dan kebutuhan bensin untuk menuju satu lokasi ke lokasi berlibur lainnya.

Persiapan selanjutnya adalah tidak terlalu banyak memasukkan barang ke dalam campervan. Cukup bawa pakaian, sepatu, obat-obatan pribadi, camilan, air mineral, dan perlengkapan mandi sesuai kebutuhan agar tidak memakan tempat untuk duduk dan tidur di mobil.

Terakhir, Anda juga harus menentukan tempat camping yang tepat untuk beristirahat. Jangan hanya fokus pada pemandangan yang ditawarkan, pastikan wilayah tersebut benar-benar aman dan sudah mendapatkan izin dari pengelola tempat camping.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: kemenparekraf.go.id

Comments
Loading...