Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jangan Unduh Tiga Aplikasi Android Ini, Pulsa Anda Bisa Tersedot

Jangan Unduh Tiga Aplikasi Android Ini, Pulsa Anda Bisa Tersedot
Foto: Ilustrasi (pixabay.com)

MURIANEWS, KudusMengunduh aplikasi untuk HP Android ternyata tidak boleh dilakukan sembarangan. Pasalnya, ada sejumlah aplikasi yang ditengarai berbaya atau mengandung malware dan bisa berdampak pada performa HP.

Melansir dari Detik.com, hasil dari penelusuran peneliti keamanan siber kembali temukan aplikasi-aplikasi yang menyebarkan malware Joker. Malware ini diketahui sangat berbahaya karena bisa mencuri data. Selain itu juga dapat menguras pulsa korban.

Malware Joker dapat menguras pulsa atau rekening korban dengan cara mendaftarkan korban ke layanan SMS premium. Selain itu, malware tersebut juga diketahui dapat mencuri data pribadi korban seperti SMS, daftar kontak dan informasi perangkat.

Baca juga: Filter Menangis Jadi Viral di Tiktok dan Instagram, Begini Cara Menggunakannya

Joker merupakan malware yang telah lama beredar di Google Play Store. Walaupun sudah berkali-kali diberantas oleh Google, aplikasi pembawa malware ini terus bermunculan guna menggantikan aplikasi yang telah dihapus.

Pelaku biasanya melakukan tindak kejahatan tersebut dengan cara mengunduh aplikasi asli dari Play Store, kemudian menambahkan kode berbahaya di dalamnya. Kemudian mereka akan mengunggah ulang aplikasi tersebut ke Play Store dengan nama yang berbeda.

“Trojan berlangganan bisa melewati deteksi bot di situs web untuk layanan berbayar, dan terkadang mereka mendaftarkan pengguna ke layanan penipu sendiri yang sebenarnya tidak ada,” ujar seorang peneliti dari peneliti dari Kaspersky Igor Golovin dalam laporannya, seperti dikutip dari The Hacker News, Rabu (11/5/2022).

Malware Joker dibekali trik terbaru untuk mengakali deteksi Google. Salah satunya adalah mengatifkan muatan berbahaya pasca aplikasi masuk ke Play Store.

Setidaknya ada tiga aplikasi telah disusupi malware Joker yang telah dideteksi Kaspersky hingga Februari 2022. Walau sudah dihapus oleh Google, ketiga aplikasi tersebut masih tersedia melalui toko aplikasi pihak ketiga, berikut ini adalah daftarnya:

         Style Message (com.stylelacat.messagearound)

         Blood Pressure App (blood.maodig.raise.bloodrate.monitorapp.plus.tracker.tool.health)

         Camera PDF Scanner (com.jiao.hdcam.docscanner)

Agar terhindar dari aplikasi penipuan seperti itu, pastikan selalu gunakan aplikasi dari sumber resmi. Kendati telah mengunduh aplikasi dari sumber resmi, pengguna tetap harus mengecek review, reputasi developer, syarat dan ketentuan, serta berhati-hati saat memberikan izin akses.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: detik.com

Comments
Loading...