Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

METRO YOGYAKARTA

Bandara YIA Buka Penerbangan ke Singapura, Ini Nama Maskapainya

Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo.(Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo)

MURIANEWS, Kulon Progo – Yogyakarta International Airport (YIA) saat ini terus menambah layanan penerbangan. Setelah sukses membuka rute ke Malaysia, kali ini YIA membuka rute penerbangan ke Singapura.

Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan, saat ini pihaknya tengah menjalin komunikasi dengan salah satu maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Singapura terkait dengan pembukaan rute baru ini di YIA.

Maskapai tersebut bernama Scoot Tiger. Rencananya maskapai ini bakal segera beroperasi di YIA pada 1 Juni 2022 mendatang.

”Ke depan ada penambahan di tanggal 1 Juni untuk rute Singapura yang dilaksanakan oleh Scoot Tiger. Kami sudah dapat info dan telepon dari manajemen Scoot dari Singapura,” katanya seperti dikutip Detik.com, Rabu (11/5/2022).

Pandu mengatakan nantinya Tiger Scoot beroperasi sebanyak tiga kali dalam sepekan di YIA. Jika animo masyarakat bagus, ada kemungkinan maskapai ini dapat beroperasi rutin, sehingga bisa memantik minat maskapai lain untuk membuka rute internasional di bandara ini.

”Mudah-mudahan pelaksanaannya bisa daily ya, walaupun direncana ini baru tiga kali dalam seminggu yaitu Senin, Rabu dan Jumat, namun ke depannya apabila animo masyarakat memanfaatkan sarana ini lebih tinggi maka tidak hanya penerbangan luar, maskapai dalam negeri seperti Lion, Garuda juga berminat untuk melakukan penerbangan internasional,” ujarnya.

YIA sendiri sudah membuka penerbangan internasional pada Jumat (29/4) dengan maskapai Air Asia rute Malaysia. Maskapai ini rutin beroperasi sepekan dua kali, yaitu setiap hari Jumat dan Minggu.

Pandu mengatakan hadirnya rute ke Malaysia ini tidak hanya untuk mengakomodir penumpang biasa, melainkan juga calon jemaah umrah. Dia menjelaskan sejak operasional perdana lalu, banyak calon jemaah umrah bertolak dari YIA ke Malaysia menggunakan maskapai tersebut.

”Dengan dibukanya penerbangan internasional kami sudah dimanfaatkan oleh masyarakat yang akan melakukan umrah, dan ini sudah beberapa kali umrah dilakukan melalui YIA menuju ke Kuala Lumpur kemudian lanjut umrah,” ucapnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...