Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

TMMD di Kudus Akan Betonisasi Jalan Pertanian

Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I di Pendapa Kabupaten Kudus. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap I tahun anggaran 2022 di Kabupaten Kudus, dibuka. Program yang menyasar kegiatan fisik dan nonfisik di Desa Wates, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah resmi dibuka Bupati Kudus HM Hartopo, Rabu (11/5/2022).

Sasaran fisik program TMMD kali ini berbentuk betonisasi Jalan Usaha Tani (JUT) dengan panjang 400 meter, lebar tiga meter dan tinggi 15 sentimeter.

Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, pembangunan JUT di Desa Wates tersebut akan menunjang akses jalan untuk masyarakat yang berkecimpung di bidang pertanian. TMMD pembangunan JUT kali ini juga merupakan realisasi dari usulan masyarakat.

“Program ini menelan biaya anggaran mencapai Rp 500 juta sekian untuk jalan usaha tani Desa Wates. Semoga dapat menunjang akses di bidang pertanian sesuai aspirasi masyarakat,” katanya.

Hartopo sendiri sangat mengapresiasi terhadap Kodim 0722/Kudus yang selalu mendengarkan aspirasi masyarakat. Apalagi, melalui program TMMD bisa membantu Pemerintah Kabupaten Kudus dalam segi pembangunan.

“Mudah-mudahan makin bertambahnya tahun adanya TNI bisa memberikan inovasi dan sasaran-sasaran yang tepat selanjutnya. TNI selalu tanggap dengan aspirasi masyarakat,” ucapnya.

Baca: Buka TMMD, Bupati Jepara Bawa Semangat Soekarno

Tidak hanya itu, sasaran nonfisik TMMD kali ini berupa penyuluhan radikalisasi terorisme, penyuluhan bela negara, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan narkoba,  penyuluhan pertanian, sosialisasi pencegahan Covid-19, kamtibmas, hingga pemberdayaan masyarakat.

“Tentunya sosialisasi-sosialisasi yang dilakukan akan memberi manfaat banyak bagi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0722/Kudus Letkol Kav Indarto mengatakan Program TMMD Sengkuyung tahap I ditargetkan akan rampung dalam waktu satu bulan.

“Kami kerahkan koramil setempat gabungan dengan prajurit kodim dan tentunya dengan masyarakat sekitar,” jelasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...