Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mau Simpan Kepiting supaya Tetap Segar? Coba Lakukan dengan Cara Ini

Mau Simpan Kepiting supaya Tetap Segar? Coba Lakukan dengan Cara Ini
Foto: Kepiting (freepik.com)

MURIANEWS, Kudus– Kepiting adalah salah satu hewan laut yang digemari orang. Rasanya yang lezat ketika diolah menjadi menjadi masakan menjadikan banyak orang suka makan kepiting.

Selain membeli matang, banyak orang membeli kepiting mentah. Tujuannya untuk diolah lagi di kemudian hari.

Nah, saat beli kepinting mentah ini ada satu hal yang harus dilakukan. Yakni, menyimpannya dengan baik agar kesegarannya tetap terjaga.

Baca juga: Hepatitis Akut Misterius, Ini Gejala dan Pencegahannya

Mengutip dari Kompas.com, Slamet Ansori dan Putri Yogra Presswari, pengurus bidang operasional Aiting Seafood, membagikan tips menyimpan kepiting yang benar. Di bawah ini merupakan tips cara penyimpanan kepiting yang benar agar kualitas dagingnya tetap segar.

1. Simpan Kepiting dalam Air Asin

Tips pertama, simpan kepiting di dalam air asin. “Air yang digunakan pun harus air asin khusus,” ungkap Putri. Selanjutnya ia menjelaskan agar kepiting di taruh pada tempat bersuhu rendah dan jangan sampai terkena sinar matahari langsung.

Selain itu beri cipratan air agar kepiting tidak kehausan. Hal ini dikarenakan saat kepiting kehausan, kondisi cangkangnya kering dan dari mulutnya keluar busa. Kepiting dapat disimpan di dalam Styrofoam karena memiliki suhu lebih dingin dibandingkan baskom atau bak. Kepiting akan cepat mati jika berada di suhu terlalu tinggi.

2. Simpan Kepiting di dalam Freezer

Cara selanjutnya, dapat menyimpan kepiting hidup ke dalam freezer. Saat kepiting hidup dimasukkan freezer, kualitasnya tidak akan berubah dan tidak bau. Namun jika kepiting dalam keadaan mati, kualitasnya akan berubah dan akan berbau.

Kepiting yang telah dipotong sebaiknya segera dimasak dan tidak disimpan di freezer terlalu lama. Sementara kepiting hidup yang di simpan dalam freezer biasanya akan bertahan selama satu minggu, tapi jika lebih dari itu, dagingnya akan menghitam.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...