Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Hepatitis Akut Misterius, Ini Gejala dan Pencegahannya

Ilustrasi

MURIANEWS, Kudus – Hepatitis akut misterius kini tengah menyebar dan belum diketahui penyebabnya. Penyakit ini lebih banyak menyerang anak-anak.

Lantas apa gejalanya dan bagaimana jika terjangkit penyakit ini?

Dokter Spesialis Anak dari RSUD Loekmono Hadi Kudus, Jawa Tengah, dr Arif Faiza, Sp.A mengatakan selama ini Hepatitis yang sudah diketahui yakni Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C, Hepatitis D, dan Hepatitis E.

Namun, dia menyebut gejala dari hepatitis misterius ini kemungkinan tidak jauh berbeda dengan Hepatitis yang sudah ada.

“Gejalanya hampir sama. Tetapi hepatitis misterius ini cenderung lebih cepat mengarah ke gejala berat seperti muntah, penurunan kesadaran, dan kejang-kejang,” katanya, Rabu (11/5/2022).

Baca: Hepatitis Misterius Mengancam, Bupati Kudus Perintahkan DKK Bertindak

Sedangkan gejala ringan dari hepatitis yang sudah ada berupa mual, badan terasa lemah, letih, kuning, urin bewarna cokelat, dan tinjanya bewarna pucat. Untuk gejala kuning berupa mata bewarna kuning dan kulit bewarna kuning.

“Hepatitis misterius ini dicurigai sebagai infeksi virus tetapi bukan dari Hepatitis A, B, C, D, dan E. Penularannya dari mana juga belum jelas,” terangnya.

Dokter Arif Faiza mengajak masyarakat mewaspadai penularan hepatitis misterius ini. Yakni penularannya melalui kontaminasi makanan, melalui mulut, dan melalui darah.

Baca: Satu Anak di Medan Meninggal, Diduga Terjangkit Hepatitis Akut Misterius

“Pencegahannya bisa dengan mencuci tangan menggunakan sabun,” terangnya.

Selain itu, dia mengimbau agar membedakan penggunaan peralatan makan dan juga peralatan mandi. Hal ini untuk meminimalisir penyebaran virus dari satu tempat ke tempat lain.

“Pemakaian handuk juga harus dibedakan,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...