Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bilqis Prasista Ternyata Puteri Legenda Badminton Indonesia, Joko Supriyanto

Bilqis Prasista
Bilqis Prasista, ternyata puteri legenda bulutangkis Indonesia, Joko Supriyanto. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Tim Uber Indonesia memang kalah dari Jepang di pertandingan babak penyisihan Grup A Piala Uber 2022. Namun, kiprah tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista membuat kejutan besar di sana.

Pebulutangkis PB Djarum yang bermain untuk Indonesia di Uber Cup 2022 itu, berhasil menumbangkan pebulutangkis asal Jepang yang merupakan peringkat pertama dunia, Akane Yamaguchi. Padahal Bilqis Prastista sendiri adalah pemain dengan ranking 300.

Pada pertandingan yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Rabu (11/5/2022), Bilqis menang dua set langsung, masing-masing dengan skor 21-19 dan 21-19. Terlepas dari kekalahan Tim Uber Indonesia, kemenangan Bilqis menjadi sesuatu yang menggembirakan.

BACA JUGA: Tim Thomas Indonesia Lolos ke Perempat Final Thomas Cup 2022, Usai Hajar Thailand

Lalu siapakah sebenarnya Bilqis Prasista ini? Ternyata atlet PB Djarum ini bisa dikatakan bukan sembarang atlet. Terutama jika melihat latar belakangnya, sebagai atlet bulu tangkis.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin mengatakan Bilqis Prasista merupakan putri dari pasangan pebulutangkis legendaris Indonesia. Atlet ini ternyata puteri dari Joko Supriyanto dan Zelin Resiana.

Baik Joko Supriyanto maupun Zelin Resiana, public badminton Indonesia pasti sudah mengetahuinya. Keduanya merupakan mantan pemain bulu tangkis terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Keduanya menikah dan mendapatkan puteri, Bilqis Prasista.

Bilqis sendiri merupakan atlet bulutangkis kelahiran Magelang, Jawa Tengah pada 24 Mei 2003. Bakatnya di bulutangkis, nampaknya memang turun dari kedua orang tuanya yang memang merupakan pebulutangkis kaliber dunia.

“Bilqis ini cerminan bapak dan ibunya. Tekniknya bagus seperti bapaknya. Bilqis tipikal petarung seperti ibunya,” katanya, Rabu (11/5/2022), memberikan pujian untuk Bilqis Prasista.

Di PB Djarum sendiri, Bilqis tercatat mulai bergabung melalui audisi spesial pada tahun 2019 silam. Dalam perkembangannya, Bilqis memiliki potensi yang bagus di bulutangkis. Dengan ditambah dukungan dari orang tuanya, bakatnya langsung berkembang.

“Bilqis juga memiliki saudara kembar. Saudara kembarnya bernama Bilqis Pratista dan bermain di nomor ganda putri,” sambungnya.

Sebelum bergabung di Timnas Indonesia, dan terlibat di Piala Uber 2022, Bilqis juga pernah menyabet gelar juara Bangladesh Junior International Series 2021 beberapa waktu lalu. Kini diharapkan potensi dari Bilqis Prasista ini bisa semakin berkembang lebih jauh.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Budi Erje

Comments
Loading...