Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

PPDB di Jepara Direncanakan Juni

PPDB di Jepara Direncanakan Juni
Para siswa di salah satu SMP di Jepara saat mengerjakan ujian. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Jepara dijadwalkan pada Juni mendatang. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara sudah mengumumkannya.

Kasi pengendalian Mutu SD Disdikpora Jepara, Haryanto, mengatakan pihaknya sudah mengerdarkan surat terkait pelaksanaan PPDB ke sekolah-sekolah. Rencananya PPDB dilaksanakan secara online dan offline.

Haryanto mengungkapkan, sebelumnya sempat diwacanakan PPDB 2022 dilaksanakan pada Mei. Namun, karena pada 15 Juni baru ada pengumuman kelulusan, akhirnya PPDB dilaksanakan pada Juni.

Baca: Disebut Curi Start PPDB, Disdik Grobogan: SMPN 3 Purwodadi Tak Melanggar

“Untuk tingkat SMP, pendaftaran online dilaksanakan pada 20-23 Juni. Sedangkan yang offline pada 20-25 Juni. TK dan SD jadwalnya juga sama,” kata Haryanto yang juga panitia PPDB 2022kepada MURIANEWS, Rabu (11/5/2022).

Haryanto memastikan, seleksi calon peserta didik baru dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Yaitu tetap berdasarkan zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua dan prestasi.

Bagi sekolah yang menerima bantuan operasional, lanjutnya, dilarang melakukan pungutan biaya dalam bentuk apapun kepada calon peserta didik baru atau peserta didik pindahan.

“Sekolah juga dilarang melakukan pungutan untuk membeli seragam atau buku yang dikaitkan dengan PPDB,” tegas Haryanto.

Untuk menyukseskan PPDB 2022 ini, lanjut Haryanto, pihak sekolah diharuskan membentuk panitia PPDB. Kepanitiaan itu ditetapkan dengan surat dari kepala sekolah.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...