Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tewaskan Satu Orang, Ternyata Begini Kronologi Kecelakaan Bus Wisata SMPN 1 Malang di Karanganyar

Bus yang mengalami kecelakaan beruntun di tol Solo-Sragen di Kebakkramat, Karanganyar, Rabu (11/5/2022). (Istimewa)

MURIANEWS, Karanganyar — Kronologi kecelakaan beruntun di jalan tol Solo-Ngawi KM 513.800 B tepatnya di Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, yang menewaskan satu orang, Rabu (11/2/2022) dini hari tadi akhirnya mulai terkuak.

Baca: Empat Bus Rombongan Wisata SMPN 1 Malang Kecelakaan di Tol Karanganyar, 1 Meninggal

Kecelakaan yang melibatkan enak kendaraan yang empat di antaranya bus wisata SMPN 1 Malang yang hendak ke Yogyakarta itu ternyata diawali bus yang menabrak bagian belakang truk karena jarak yang terlalu dekat saat hendak menyalip.

Melansir Solopos.com, Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Yulianto mengatakan, semua kendaraan tersebut melaju dari arah timur (Sragen) menuju ke arah barat (Solo).

Posisinya, truk Fuso di lajur kiri di depan dan bus Rana Jaya AG 7366 UP di belakangnya, juga di lajur kiri. Sedangkan Innova berada di lajur kanan depan diikuti bus Mega Trans dan bus Rana Jaya K 1545 CB.

Setelah sampai di lokasi kejadian, pengemudi bus Rana Jaya AG 7366 UP hendak pindah ke lajur kanan. Namun, karena jarak terlalu dekat sehingga ini menabrak bodi belakang truk Fuso. Saat itu bus Rana Jaya AG 7366 UP ini masuk ke lajur kanan dan Innova yang berada di depan (lajur kanan) mengerem.

Baca: Kecelakaan: Vega vs Beat Adu Banteng di Jalan Solo-Purwodadi Grobogan

Namun kemudian Innova disundul dari belakang oleh bus Mega Trans dan kemudian tertabrak bus Rana Jaya K 1545 CB di belakangnya. Bus Rana Jaya K 1545 CB berusaha banting setir ke kiri dan menabrak bus Rana Jaya Z 7612 TD dari belakang.

Sopir bus Mega Trans, Danang Wikandono, mengaku belum mengetahui secara pasti penyebab tabrakan tersebut. Ia hanya menyadari bus di depannya berhenti mendadak.

“Saya kurang tahu kenapa bus di depan berhenti. Rupanya menabrak kendaraan di depannya dan bus saya juga nabrak dan tertabrak dari belakang,” ujarnya saat ditemui di Pos Polisi, Sroyo, Jaten.

Baca: Polda Banten Catat 27 Kecelakaan Selama Mudik, Enam Meninggal Dunia

Ia menambahkan, bus-bus ini mengangkut rombongan siswa SMPN 1 Kepanjen, Malang, Jawa Timur yang akan berwisata ke Yogyakarta. Dari Malang, bus berjumlah tujuh unit.

“Berangkat tujuh bus, kemudian yang terlibat kecelakaan ini empat,” imbuhnya.

Ia juga tidak mengetahui keberadaan siswa di dalam bus-bus yang terlibat kecelakaan. “Setahu saya semua siswa selamat. Tetapi saya kurang tahu mereka dibawa ke mana, soalnya setelah kejadian mereka dievakuasi ke luar jalan tol. Mungkin kembali ke Malang,” imbuhnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber; Solopos.com

Comments
Loading...