Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Tanda-Tanda Ternak Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku

Sapi milik salah satu peternak di Kabupaten Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, memastikan belum ada temuan hewan ternak di Kudus yang terjangkit virus penyakit mulut dan kuku (PMK).

Walau begitu, pihak dinas meminta agar para peternak semakin awas terhadap kondisi hewan ternaknya, khususnya sapi.

Sub Koordinator Produksi dan Kesehatan Hewan Dispertan Kudus Sidi Pramono menyampaikan, ada sejumlah ciri-ciri hewan ternak yang terkena penyakit mulut dan kuku.

Di antaranya adalah demam tinggi, muncul air liur berlebihan dan berbusa, serta ada luka melepuh di rongga mulut atau pada lidah.

“Kemudian, ciri lainnya adalah hewan ternak tidak mau makan. Kukunya juga luka, malah kalau bobotnya sekitar 400 kilogram pasti lepas itu kukunya, sehingga sulit untuk berdiri, gemetaran, dan napasnya cepat,” katanya, Rabu (11/4/2022).

Baca: Kudus Teliti Penyebaran PMK Sapi, Begini Hasilnya

Walau begitu, penyakit PMK tidak menular pada manusia. Hanya, penularannya dari ternak ke ternak bisa melalui manusia. Oleh karena itu, peternak harus menjaga kebersihan saat mengurus hewan ternak.

“Mereka (peternak) harus mandi setiap kali menangani hewan ternak sehingga (virus, red) tidak menyebar ke mana-mana,” pungkasnya.

Baca: Cegah PMK Sapi, Dispertan Kudus Awasi Lalu Lintas Ternak dari Jatim

Dispertan Kudus juga mengawasi lalu lintas ternak yang masuk ke wilayah Kota Kretek. Utamanya, ternak sapi yang berasal dari wilayah Jawa Timur dan perbatasan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...