Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Khawatir Hepatitis Akut Misterius Jadi Pandemi, Perhimpunan Guru Minta Pemerintah Segera Ambil Langkah

Hawatir Hepatitis Akut Misterius Jadi Pandemi, Perhimpunan Guru Minta Pemerintah Segera Ambil Langkah
Siswa-siswi PAUD TBS Kudus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Jakarta- Munculnya virus hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak, menjadi keprihatinan tersendiri bagi para guru, khususnya yang mengajar di bangku PAUD hingga SD. Mereka juga tidak ingin anak didik mereka tertular penyakit tersebut.

Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim mengatakan, kekhawatiran itu semakin menjadi apabila penyakit Hepatitis akut misterius tersebut mewabah luas dan kemudian menjadi pandemi.

“P2G cukup khawatir hepatitis akut misterius kemudian berubah menjadi pandemi terhadap anak,” katanya, dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu (11/5/2022).

Perhimpunan guru berharap pemerintah memberi perhatian lebih terhadap kemunculan hepatitis akut misterius tersebut. Bisa dengan perintah kepada sekolah-sekolah agar meningkatkan kewaspadaan.

Baca: Bocah 7 Tahun di Tulungagung Meninggal, Diduga Karena Hepatitis Akut `Misterius`

“Kami mendesak Kemdikbudristek dan Pemda membuat surat edaran sebagai pengingat, agar sekolah-sekolah meningkatkan disiplin protokol kesehatan, mencegah Covid-19 yang masih pandemi termasuk mencegah penularan hepatitis terhadap anak,” ujar Satriwan.

Menurutnya, upaya pencegahan kasus hepatitis akut misterius ini juga hendaknya menjadi perhatian para guru, siswa serta orang tua. Semua pihak perlu memiliki kesadaran yang sama akan bahaya penyakit yang berpotensi menyebar luas di kalangan anak-anak.

“Khususnya bagi anak usia Play Group (Day Care), PAUD/TK, dan SD/MI,” ucapnya.

Baca: Menkes Sebut Hepatitis Akut Misterius Menular Lewat Asupan Makanan

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Advokasi P2G Iman Zanatul Haeri mengatakan surat edaran yang ditujukan kepada sekolah menjadi penting untuk disebarluaskan. Menurutnya itu perlu agar warga sekolah memiliki pemahaman yang baik mengenai virus hepatitis akut misterius.

“Apa saja indikasi gejala, faktor penyebab, langkah pencegahan, serta kiat hidup bersih demi menjaga anak agar tidak tertular,” ujar Iman.

 

Penulis: Cholis Anwar

Editor: Cholis Anwar

Sumber: CNNIndonesia.com

Comments
Loading...