Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Disebut Curi Start PPDB, Disdik Grobogan: SMPN 3 Purwodadi Tak Melanggar

Disebut Curit Start PPDB, Disdik Grobogan: SMPN 3 Purwodadi Tak Melanggar
Plt Kepala Dinas Pendidikan Grobogan Endang Sulistyoningsih. (MURIANEWS/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Grobogan menyebut tidak ada pelanggaran yang dilakukan SMPN 3 Purwodadi terkait adanya isu mencuri start PPDB.

Pihak Disdik Grobogan sendiri sudah melakukan sidak di sekolah tersebut Selasa (10/5/2022). Sidak dilakukan terkait adanya isu jika SMPN 3 Purwodadi mencuri start PPDB. Itu dilakukan dengan dalih seleksi peserta didik jalur prestasi lewat program Kelas Khusus Olahraga (KKO).

Baca: SMPN 3 Purwodadi Diduga Curi Start PPDB, Ini Klarifikasinya

“Kemarin langsung kami sidak. SMPN 3 Purwodadi sebenarnya mencari skill-nya dulu, mana yang terbaik. Untuk proses pendaftarannya tetap lewat online tanggal 9 Mei kemarin, sesuai dengan aturan,” tutur Plt Kepala Dinas Pendidikan Grobogan Endang Sulistyoningsih, Rabu (11/5/2022).

Menurut Endang, tidak ada aturan yang dilanggar pihak SMPN 3 Purwodadi. Sebab, pihak sekolah hanya melakukan seleksi untuk mencari calon peserta yang terbaik. Para calon peserta didik itu nantinya akan dimasukkan ke jalur prestasi.

Baca: PPDB SMP Grobogan: Sekolah Nonfavorit Ketar-ketir Tak Penuhi Kuota

“Nanti mereka dimasukkan ke pendaftaran jalur prestasi. Yang terbaik yang bisa diterima,” tambahnya.

Meski begitu, Endang tak sempat menanyakan jumlah siswa yang diseleksi untuk KKO itu. Hanya, dia memastikan tidak ada calon peserta didik yang membayar dalam proses seleksi itu. Semua dilakukan dengan aturan yang berlaku.

“Nggak membayar. Tidak ada pelanggaran dalam seleksi itu,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala SMPN 3 Purwodadi Fathurrohim telah menglarifikasi isu tersebut. Dia menyatakan, PPDB di sekolah yang dipimpinnya itu tetap sesuai dengan prosedur.

Pendaftaran online tetap dilakukan sejak Senin lalu, meski sebelumnya telah dilakukan seleksi untuk jalur prestasi.

“Kami seleksi untuk prestasinya, betulkah anak-anak ini punya bakat tertentu. Kadang kan ada piagam tidak sesuai. Kami memastikan anak punya talenta, dengan menggandeng KONI Grobogan,” terangnya, Rabu (11/5/202).

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...