Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ketahui Cara yang Baik saat Bersihkan Jok Mobil, Jangan Asal-asalan ya

Ketahui Cara yang Baik saat Bersihkan Jok Mobil, Jangan Asal-asalan ya
Foto: Ilustrasi bersihkan jok mobil (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus– Jok mobil adalah bagian dari interior mobil yang punya peranan cukup penting. Fungsi utama dari jok mobil adalah memberikan kenyamanan bagi sopir dan semua penumpang.

Meski demikian, keberadaan jok mobil selama ini masih dianggap sepele. Di mana, banyak pemilik mobil yang kurang memperhatikan perawatan jok mobil ini.

Kebanyakan, pemilik mobil melakukan perawatan jok bersamaan ketika sedang mencuci mobil. Padahal, perawatan jok mobil ini bisa dilakukan sendiri.

Baca juga: Ini Manfaat Lain dari Bayam, Salah Satunya Bisa Hilangkan Lemak Perut

Mengutip dari Kompas.com, saat akan membersihkan jok mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, berbahan dasar apa jok mobil anda.

Samsudin, Aftersales Astra Peugeot menjelaskan, terdapat dua jenis material jok yang biasa digunakan, yaitu kain beludru dan kulit. Kedua jenis bahan ini memerlukan perawatan berbeda serta pembersih yang tepat agar tidak merusak kontur jok mobil.

Saat membersihkan jok mobil berbahan kain atau febric, Samsudin menyarankan menggunakan deterjen yang lembut. Selanjutnya bersihkan sisa kotoran bekas makanan atau minuman yang menempel pada mobil.

“Alatnya bisa dengan sapu atau sikat berserat halus, lalu di-vacuum cleaner hingga tidak ada bekas kerak noda,” kata Samsudin.

Langkah selanjutnya, campur deterjen dengan air hangat. Kemudian rendam spons ke dalam air campuran tersebut, hilangkan busa pada spons lalu gosokkan pada jok mobil. Berikutnya bersihkan jok secara perlahan, lalu seka endapan air sabun menggunakan handuk basah.

Sementara untuk jok berbahan kulit, tidak dapat asal dalam merawatnya. Untuk menjaga kualitasnya, diperlukan cairan khusus untuk jok berbahan kulit.

“Gunakan kondisioner atau cairan khusus untuk jok berbahan kulit. Perawatan jok berbahan kulit memang butuh penanganan yang khusus,” jelas Samsudin.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...