Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Manfaat Lain dari Bayam, Salah Satunya Bisa Hilangkan Lemak Perut

Ini Manfaat Lain dari Bayam, Salah Satunya Bisa Hilangkan Lemak Perut
Foto: Bayam (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus– Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang banyak digemari orang Indonesia. Tanaman ini gampang tumbuh sehingga mudah didapat.

Selain enak dibuat sayur, bayam juga memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Disamping itu, ada manfaat lain dari bayam, yakni bisa menghilangkan lemak perut.

Melansir Detik.com dari Eat This, lemak yang menumpuk di perut merupakan kondisi yang dapat dibiarkan begitu saja. Tumpukan lemak di perut selain mengganggu penampilan, juga berisiko mengancam kesehatan.

Baca juga: Ini Enam Desa Wisata Peninggalan Megalitikum di Indonesia yang Perlu Dikunjungi

Lemak di perut yang menumpuk dapat diatasi dengan banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan serat dan protein tinggi. Selain itu batasi juga konsumsi lemak dan gula tambahan serta rutin berolahraga.

Asupan serat dan protein tinggi bisa didapatkan melalui dengan mengonsumsi bayam yang efektif membantu menurunkan berat badan. Courtney D’Angelo, MS, RD, penulis di Go Wellness mengungkap bayam dapat efektif menurunkan berat badan dan mengusir lemak berlebih di perut.

Berikut manfaat bayam untuk mengusir lemak perut:

1. Kandungan nutrisi bayam

Bayam terkenal sebagai sayuran dengan kandungan serat yang tinggi. Sayuran ini cocok dikonsumsi anak-anak hingga orang dewasa. Selain serat tinggi yang efekti melunturkan lemak, bayam mengandung nutrisi.

Seperti di dalam bayam terdapat Vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan Vitamin E yang bermanfaat untuk kesehatan. Pada bayam juga mengandung Magnesium, Zat besi, Asam folat, Kalsium hingga Kalium.

2. Serat bayam bantu turunkan berat badan

Seperti yang telah diulas, kandungan serat tinggi pada bayam menjadikannya sayuran terbaik untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan.

“Bayam adalah sayuran rendah kalori, tetapi juga sangat tinggi serat. Makan yang mengandung serat membantu merasa kenyang dan mencegah makan secara berlebihan,” jelas D’Angelo.

Selain efektif menurunkan berat badan, serat juga melancarkan pencernaan dan membantu penyerapan makanan. Hal ini bermanfaat membantu menjaga metabolisme tetap terkendali.

3. Sumber protein nabati

Selain tinggi akan serat, bayam juga kaya protein. Bayam disarankan untuk mengonsumsinya dalam keadaan matang untuk mendapatkan manfaat maksimal dari bayam.

Bayam yang matang memiliki kandungan protein lebih tinggi dibandingkan bayam mentah. Sebagai perbandingan, 150 gram bayam matang mengandung 5 gram protein, sementara satu mangkuk bayam mentah hanya mengandung 1 gram protein.

4. Bayam bantu turunkan risiko penyakit kardiovaskular

Penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular juga dapat diturunan risikonya dengan rutin mengonsumsi bayam. Hal ini dikarenakan kandungan nitrat pada bayam yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah gangguan kesehatan jantung, mencegah kanker, mengontrol gula darah dan mencegah stroke.

Lebih lanjut, pada penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Food & Function”, para peneliti menemukan manfaat bayam berdasar aktivitas fitokimia dan senyawa bioaktif. Zat yang berasal dari bayam dapat secara efektif menurunkan stres oksidatif, kerusakan DNA, dan peradangan.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: detik.com

Comments
Loading...