Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Perbaikan Fasilitas Umum di Sport Center Balai Jagong Kudus Diusulkan Pakai Dana TT

Gunakan Dana TT
Pojok Sport Center Balai Jagong Kudus (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Sejumlah fasilitas umum di komplek Sport Center dan Stadion Wergu Wetan Kudus yang rusak akibat hujan deras disertai angin kencang pada awal bulan kemarin, hingga kini belum tertangani.

Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) selaku OPD pemilik kawasan tersebut, menyebut belum ada anggaran untuk perbaikan. Mereka, kemudian mengusulkan agar Pemkab Kudus bisa memanfaatkan alokasi Dana Tak Terduga (Dana TT) untuk perbaikan itu.

“Kejadiaan tersebut termasuk bencana alam (force majeur). Karena itu kami mengusulkan agar kerusakan tersebut bisa segera diperbaiki dengan menggunakan anggaran tidak terduga,” kata Kepala Bidang Olahraga pada Disdikpora Kudus, Minan Mochamad, Selasa (10/5/2022).

Pihak dinas, lanjut Minan, juga telah melakukan inventarisir kerugian akibat kejadian hujan deras disertai angin kencang itu. Hasilnya, untuk kerugian yang timbul, nominalnya mencapai Rp200,892 juta.

BACA JUGA: Penyiapan Venue Porprov Jateng 2023 di Kudus Terkendala Anggaran

Dengan rincian, ada kerusakan empat tiang lampu tenaga surya senilai Rp187,257 juta, pintu musala Rp3,570 juta, dan pintu stadion sebesar Rp10 juta.

“Dari kami saat ini tidak memiliki anggaran untuk perbaikan, sehingga kami berharap pencairan Dana TT ini bisa dilakukan untuk perbaikan fasilitas-fasilitas itu,” sambung Minan.

Sebagai langkah lanjutan, pihak dinas sendiri telah menyampaikan usulan tersebut di rapat koordinasi lintas OPD dengan Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) selaku pengelola anggaran, bulan lalu.

Di mana saat itu juga Disdikpora melaporkan sejumlah kerusakan. Seperti robohnya empat tiang lampu tenaga surya (solar cell), rusak dan pecahnya pintu kaca musala, dan rusaknya pintu sisi utara Stadion Wergu Wetan Kudus.

“Saat itu kami langsung melakukan inventarisir, dan diketahui kerusakannya ya itu tadi. Kami kemudian mengamankan barang atau fasilitas dari tiang lampu tenaga surya yang tidak bisa dipasang lagi,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Budi Erje

Comments
Loading...