Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kabupaten Bandung Punya Jembatan Gantung Terpanjang se-Asia Tenggara, Jadi Ikon Wisata Baru

Kabupaten Bandung Punya Jembatan Gantung Terpanjang se-Asia Tenggara, Jadi Ikon Wisata Baru
Foto: Jembatan gantung Rengganis di Kabupaten Bandung (tangkapan layar/youtube: Zaid Wahied)

MURIANEWS, Kudus– Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat kini punya ikon wisata baru. Yakni, jembatan gantung Rengganis yang disebut-sebut menjadi jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara.

Melansir dari Detik.com, jembatan gantung tersebut terletak di Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Melalui postingan di akun Instagram Bupati Bandung Dadang Supriatna @dadangsupriatna, diketahui jembatan gantung ini baru diresmikan pada 4 Mei 2022.

Jempatan sepanjang 370 meter ini mengalahkan rekor jembatan gantung yang sebelumnya dipegang Situgunung di Sukabumi yang panjangnya 243 meter.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Bandung yang Cocok Jadi Destinasi Wisata Liburan Kamu

Jembatan Gantung Rengganis ditujukan sebagai sarana jalur penghubung wisatawan yang ingin berkunjung ke Kawah Rengganis Ciwidey. Kawah ini mempunyai nilai historis karena merupakan hasil letusan Gunung Sunda Purba jutaan tahun silam.

Selanjutnya, Dadang turut menjelaskan bahwa kawah ini masih aktif hingga sekarang dan menjadi andalan Kabupaten Bandung. Di kawah tersebut juga terdapat sumber air panas serta lumpur yang dipercaya dapat mengobati beragam penyakit karena air panas yang mengandung belerang.

Jembatan Gantung Rengganis selain sebagai sarana penghubung ke kawah, juga menjadi spot foto yang Instagramable. Di jembatan setinggi 80 meter dari permukaan tanah ini, pengunjung dapat berfoto dengan latar pemandangan alam Kawah Rengganis Ciwidey.

Sebagai informasi, tiket regular dibandrol Rp 70 ribu, sedangkan untuk VIP Rp 100 ribu. Namun bagi warga ber-KTP Bandung, akan mendapat diskon tiket sebesar 50 persen. Selain itu, waktu terbaik berkunjung ke Jembatan Gantung Rengganis adalah menjelang matahari terbenam karena pemandangannya yang menarik.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: detik.com

Comments
Loading...