Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Arus Balik, Harga Tiket Bus dari Kudus ke Jabodetabek Naik jadi Segini

Bus parkir di Terminal Kudus menunggu jam keberangkatan ke Jabodetabek. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Harga tiket bus arus balik rute Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menuju Jabodetabek mengalami kenaikan. Kenaikan tersebut terjadi di sejumlah Perusahaan Otobus (PO).

PO Bejeu misalnya, menjual tiket rute Kudus ke Jabodetabek seharga Rp 430 ribu di momen Lebaran tahun ini. Jika tidak sedang momen Lebaran, harga tiket rute Kudus ke Jabodetabek seharga Rp 210 ribu.

“Ada kenaikan harga tiket sejak H+3 Lebaran. Setiap tahunnya ya memang naik harganya di momen lebaran,” kata Sahid, seorang penjaga tiket agen PO Bejeu di area Terminal Induk Jati, Selasa (10/5/2022).

Ia mengaku belum mengetahui kapan harga tiket rute Kudus ke Jabodetabek itu kembali normal. Menurutnya, harga naik juga untuk menutup cost operasional bus.

“Kebanyakan bus yang dari Jabodetabek ke Kudus saat arus balik kan kosong. Ya wajar kalau harga tiketnya naik,” ujarnya.

Kenaikan harga tiket juga ada di PO bus Shantika yang juga menaikkan tarif harga tiket. Rute Kudus ke Jabodetabek kelas eksekutif dipatok Rp 430 ribu.

Baca: Arus Balik dari Kudus Masih Berlangsung hingga Akhir Pekan

Sedangkan untuk kelas super eksekutif rute Kudus ke Jabodetabek seharga Rp 460 ribu. Sementara kelas Sleeper Bus saat ini naik menjadi Rp 500 ribu.

“Kalau tidak momen Lebaran harga tiketnya dimulai Rp 210 ribu sampai Rp 280 ribu tergantung kelas busnya,” kata Joni, petugas agen PO Shantika di Terminal Induk Jati Kudus.

Joni menjelaskan, pihaknya memberikan beberapa fasilitas bagi penumpang. Mulai dari snack, minuman, bantal, selimut, AC, dan toilet di dalam bus.

“Kenaikan harga tiket sekitar H+5 Lebaran kemarin itu. Untuk kenaikan harga tiketnya sampai kapan belum tahu,” imbuhnya.

Baca: Ganjar Pastikan Mudik dan Balik di Jateng Lancar

Sementara itu, Koordinator Terminal Tipe A Jati Kudus, Indarto mengatakan harga kenaikan tiket arus balik masih wajar. Dia berpendapat kenaikan harga antar PO bus satu dengan lainnya hampir sama.

“Harganya antar PO bus satu dengan lainnya tidak terpaut jauh. Sehingga tidak ada ketimpangan harga yang terlalu jauh,” terangnya.

Dia mengimbau penumpang yang hendak kembali ke perantauan untuk dapat berhati-hati. Terutama pada barang bawaan yang dibawa.

Diberitakan sebelumnya, arus balik dari Kudus menuju Jabodetabek melalui Terminal Induk Tipe A Jati Kudus masih terus berlangsung. Arus balik diprediksi akan terus terjadi hingga akhir pekan ini.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...